• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 4 Maret 2024

Matraman

Bintang Swalayan Makin Berkembang, NU Ponorogo Kian Mandiri

Bintang Swalayan Makin Berkembang, NU Ponorogo Kian Mandiri
RUPS PT KBS, perusahaan bidang perdagangan milik PCNU Ponorogo, di Kabupaten Ponorogo, Sabtu (20/03/2021)
RUPS PT KBS, perusahaan bidang perdagangan milik PCNU Ponorogo, di Kabupaten Ponorogo, Sabtu (20/03/2021)

Ponorogo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ponorogo terus melakukan penguatan di bidang ekonomi. Kemandirian organisasi diharapkan tercapai. Lebih dari itu, penguatan ekonomi keumatan di kabupaten setempat terbangun.

 

Upaya itu dilakukan PCNU Ponorogo melalui Lembaga Perekonomian NU (LPNU) dengan mendirikan PT Karya Bintang Sembilan (KBS) sejak tahun 2015 lalu. Bidang usaha yang dilakukan, di antaranya, ialah Bintang Swalayan, sebuah unit usaha perdagangan dengan sistem pertokoan modern, dan toko grosir.

 

Kinerja PT KBS dengan Bintang Swalayannya itu makin lama kian berkembang. Hal itu terpaparkan dalam rapat tahunan pemegang saham di ruang rapat Planet Warrock Resto Jalan Ki Ageng Kutu, Siman, Kabupaten Ponorogo, Sabtu (20/03/2021).

 

Ketua Tanfdziyah PCNU Ponorogo KH Fatchul Aziz mengatakan, demi menuju kemandirian NU, PCNU terus memikirkan dan menyatakan dengan karya untuk terus meningkatkan kemandirian NU. Maka melalui PT KBS, PCNU terus berupaya untuk meningkatkan kepercayaan pasar.

 

"Salah satunya, ya, membentuk Bintang swalan dan grosir yang sudah kami jalankan semenjak tahun 2015 lalu. Rapat ini dilaksanakan untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas produk agar mampu bersaing di pasaran," kata Kiai Aziz.

 

Kiai Azis menuturkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) rutin diadakan setiap tahun sebagai bentuk evaluasi, pelaporan tahun buku 2020 dan perencanaan program tahun 2021. Itu dilakukan guna peningkatan pelayanan kepada umat melalui Bintang Swalayan dan grosir.

 

“Agar pelanggan tentunya lebih nyaman dan senang berbelanja di Bintang. Tentu doa juga utama dan semoga Bintang bisa bersaing dengan baik di pasaran," tandas Kiai Aziz.

 

Sementara itu, Komisaris Utama PT KBS Sugeng Harianto mengatakan, kinerja Bintang Swalayan beberapa bulan terakhir mengalami peningkatan. Kinerja lebih baik akan diupayakan untuk bulan dan tahun berikutnya.

 

Ia menambahkan, Bintang Swalayan tentu tidak dapat bisa berkembang sendiri. Dukungan warga Nahdiyin sangat dibutuhkan. Utamanya kesadaran dalam penambahan modal dengan pembelian saham serta berbelanja pada pada Bintang swalayan dan grosir.

 

"Keuntungannya juga untuk NU struktural dan jamaah. Jadi jangan ragu berbelanja di Bintang Swalayan," kata Sugeng.

 

Editor: Nur Faishal


Matraman Terbaru