• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 13 April 2024

Matraman

RA Muslimat NU di Ponorogo Kembangkan Sekolah Berbasis Alam

RA Muslimat NU di Ponorogo Kembangkan Sekolah Berbasis Alam
Kegiatan siswa-siswi RA Muslimat NU 084 Ponorogo sebelum pandemi Covid-19. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad).
Kegiatan siswa-siswi RA Muslimat NU 084 Ponorogo sebelum pandemi Covid-19. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad).

Ponorogo, NU Online Jatim

Yayasan Pendidikan Muslimat Nahdlatul Ulama Bina Bakti Wanita Raudlatul Atfal (RA) Muslimat NU 084 Mrican II, Kabupaten Ponorogo terus berupaya melakukan terobosan. Kali ini, RA Muslimat NU 084 memperkuat lembaganya dengan keunggulan sekolah berbasis alam. Namun demikian, tetap tidak meninggalkan ciri utama RA Muslimat NU 084 yang bernafas religi. 

 

RA Muslimat NU 084 ini terletak di Jl Gunung Cilik, Desa Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. Lembaga ini memiliki wajah sekolah yang sangat elok dengan penambahan taman bunga di lingkungannya. Namun, sisi religiusitas tidak ditinggalkan. 

 

Erni Munasrah, Kepala RA Muslimat NU 084 Mrican mengatakan, anak-anak di sekolah alam biasanya dikenalkan dengan wirausaha. Untuk wirausaha bisa maksimal dari hasil karya. 

 

"Misalnya anak-anak bisa hasilkan karya dari sampah, tas dari bahan plastik sampah, itu nanti kan bisa dijual. Kemudian hasilnya bisa dikelola sendiri. Mungkin anak-anak dikasih bunga satu pot, dirawat sendiri, dipelihara, setelah besar bisa dijual. Mungkin tema makanan. Anak-anak bisa diajak membuat makanan atau minuman apa, kemudian bisa dijual sendiri. Itu nanti anak-anak berlatih berwirausaha,” katanya.

 

Erni mengungkapkan, pihaknya sebenarnya sudah melakukannya, namun belum maksimal. Maka agar menjadi lebih baik, RA Muslimat NU 084 terus mengembangkan kurikulum yang berbasis alam. 

 

"Karena saya lihat, yang saya tahu di Ponorogo, belum ada sekolah RA Muslimat NU yang berbasis alam. Adanya RA Muslimat gitu aja, maksudnya kita kasih label RA Muslimat berbasis alam. Ingin saya seperti itu,” ungkapnya. 

 

Selain itu, lanjutnya, RA Muslimat itu tetap religius. Artinya anak-anak dalam hal keagamaan juga tetap diunggulkan. Seperti unggulan hafalan yang dimulai dari hafalan surat An-Naba' dan ngajinya tidak ditinggalkan. 

 

"Meskipun dalam bidang yang lain itu tetap maju, harapan kami tetap tidak meninggalkan ciri khas RA Muslimat," paparnya.

 

Ia menambahkan, karakter RA Muslimat NU memang lebih kepada religi yang sangat tinggi. Sehingga ketika sekolah berbasis alam ada, namun tetap tidak meninggalkan hak tersebut. "Sesuai visi kami, yaitu RA Muslimat tetap religius, kreatif, inovatif dan berprestasi unggul," pungkasnya. 

 

Sebagai informasi, RA Muslimat NU 084 Mrican terah memperoleh banyak penghargaan. Yang terbaru menjadi juara umum Festival Anak Sholeh (FAS) IV Tahun 2021. Masing-masing muridnya juara 1 di lomba tahfidz, shalawat dan doa harian.

 

 

Kemudian mereka sudah memiliki karya ilmiah buku bacaan. Kini bukunya sudah dipasarkan. Kemudian buku panduan dan buku paket tematik yang digunakan pada semester depan. 

 

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru