• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Matraman

Bulan Muharram, IPNU-IPPNU di Pacitan Gelar Khatmil Qur’an

Bulan Muharram, IPNU-IPPNU di Pacitan Gelar Khatmil Qur’an
Anggota IPNU-IPPNU usai melaksanakan Khatmil Qur'an. (Foto: NOJ/ Kelvin Nuryani)
Anggota IPNU-IPPNU usai melaksanakan Khatmil Qur'an. (Foto: NOJ/ Kelvin Nuryani)

Pacitan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan menyelenggarakan khatmil Qur’an yang bertepatan dengan memasuki awal bulan Muharram 1444 Hijriyah.


Kegiatan tersebut dilaksanakan di mushala Nurul Yaqin tepatnya di Desa Sidomulyo kecamatan setempat, Rabu (10/08/2022). 


Alasan memilih tempat tersebut karena dianggap lebih strategis dan medannya mudah untuk dijangkau. 


"Berhubung mushala Nurul Yaqin ini sangat jarang dijadikan tempat kegiatan IPNU-IPPNU, maka dari itu PAC ingin meramaikan mushala tersebut dan supaya organisasi ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat," kata Upik Ulifatul Zumaidah, ketua penyelenggara. 


Ia menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk memuliakan bulan Muharram. 


"Alasannya ya untuk mendapatkan ridha-Nya agar PAC IPNU-IPPNU Kebonagung nantinya bisa memperoleh syafaat dan keberkahan di hari kiamat," terangnya. 


Selain itu, dirinya menyebutkan bahwa khatmil Qur’an ini dilaksanakan secara berkelanjutan. 


"Khataman ini tidak hanya dilaksanakan di bulan Muharram saja akan tetapi dijadikan sebagai rutinan PAC IPNU-IPPNU Kebonagung," imbuhnya. 


Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut mampu menumbuhkan semangat anggota IPNU-IPPNU untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. 


"Semoga saja dengan kegiatan ini mampu menjadikan kita lebih istikamah dalam beribadah khususnya dalam membaca Al-Qur'an," pungkasnya.


Editor:

Matraman Terbaru