• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 Agustus 2022

Matraman

Cetak Relawan Tangguh, Kader CBP-KPP Ponorogo Ikut Diklatsus

Cetak Relawan Tangguh, Kader CBP-KPP Ponorogo Ikut Diklatsus
Kader CBP-KPP Ponorogo mengikuti Diklatsus Kebencanaan di Bukit Banaran. (Foto: NOJ/Husnul Khotimah)
Kader CBP-KPP Ponorogo mengikuti Diklatsus Kebencanaan di Bukit Banaran. (Foto: NOJ/Husnul Khotimah)

Ponorogo, NU Online Jatim

Dewan Kerja Cabang (DKC) Corps Brigade Pembangunan dan korp Pelajar Putri (CBP-KPP) Ponorogo menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Khusus (Diklatsus) Kebencanaan di Bukit Banaran, Kecamatan Pulung, pada Jumat sampai Ahad (17-19/09/2021).

 

DKC CBP-KPP merupakan lembaga yang berada di bawah naungan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Ponorogo. Karena itu, peserta Diklatsus Kebencanaan ini ialah perwakilan kader IPNU-IPPNU dari tingkat kecamatan se Ponorogo.

 

Anton Samsuri, Ketua PC IPNU Ponorogo, menjelaskan, tema yang diusung dalam kegiatan ini yaitu Meningkatkan Kader CBP KPP yang Bergerak Progesif dan Aktif demi Terwujudnya Komitmen Aswaja an-Nahdliyah

 

Dia menerangkan, peningkatan kualitas CBP KPP perlu disiapkan. Input dari jenjang Diklatama perlu diimbangkan dengan pendidikan pascadiklatama, yakni peningkatan skill dan pengetahuan sebelum memasuki di jenjang berikutnya.

 

“Kegiatan ini sangatlah penting, karena bagi seorang CBP KPP, hal ini sesuai dengan tupoksinya yang mengarah sebagai relawan lingkungan dan kemanusiaan,” ungkap Anton.

 

Kegiatan ini merupakan upaya DKC CBP KPP Ponorogo agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan upaya mitigasi bencana di kawasan rawan bencana secara mandiri. Apalagi, Ponorogo rawan terjadi bencana alam.

 

“Maka perlu adanya agen dari jenjang pelajar, juga sebagai regenerasi dari relawan yang usianya sudah menua,” kata Risalatul Muawwanah selaku Komandan DKC KPP Ponorogo.

 

Editor: Nur Faishal


Matraman Terbaru