• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Matraman

Diapresiasi Bupati, Gedung Pusat Aba Al Aitam Pacitan Diresmikan

Diapresiasi Bupati, Gedung Pusat Aba Al Aitam Pacitan Diresmikan
Suasana tasyakuran dan peresmian Gedung Pusat Aba al-Aitam. (Foto: NOJ/Abdul Aziz)
Suasana tasyakuran dan peresmian Gedung Pusat Aba al-Aitam. (Foto: NOJ/Abdul Aziz)

Pacitan, NU Online Jatim

Gedung Pusat Aba Al-Aitam Tremas, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan diresmikan Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji atau yang akrab disapa Mas Aji, Ahad (04/02/2024).

 

Ketua Yayasan Aba-Al Aitam, KH. Ibnu Salam mengatakan bahwa yayasan tersebut dikhususkam untuk anak-anak yatim piatu yang awalnya digagas oleh Pimpinan Umum Perguruan Islam Pondok Tremas KH. Fuad Habib Dimyathi atau Gus Fuad. Berdiri sejak tahun 2010 sebagai sebuah lembaga, dan di tahun 2016 berubah status menjadi yayasan.

 

"Saat ini ada 77 anak yang masuk asrama. Mudah-mudahan gedung yang dibangun oleh umat ini bisa memberi manfaat dan menjadi ladang jariyah bagi yang sudah beramal. Kata Aba sendiri merupakan jama’ dari kata Abun yang berarti bapak-bapak. Sedangkan Aitam adalah jama’ dari kata Yatim yang artinya anak-anak yatim," ujarnya.

 

Berdasarkan rapat panitia untuk kebutuhan pengembangan pendidikan dan amal usaha gedung pusat Aba Al-Aitam didirikan dalam kurun waktu 4 tahun 8 bulan.

 

"Tidak hanya itu, dengan didirikannya gedung pusat Aba al-Aitam diharapkan dapat memberikan keberkahan, kemanfaatan dan jariyah bagi para donaturnya," terangnya.

 

Dalam peresmian tersebut, Mas Aji menyampaikan rasa gembira lantaran keberadaan Aba Al-Aitam telah berkontribusi banyak membantu tugas negara dalam menolong golongan yatim piatu.

 

“Saya sangat mengapresiasi keberadaan Yayasan Aba Al-Aitam yang telah berkontribusi membantu tugas negara yaitu menolong anak yatim piatu,” katanya.

 

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Kepala Kemenag Pacitan Dr. H. Sugiyo, Kepala Dinas Sosial Sumorohadi, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, IPDA Ferry Ardianto Kapolsek Arjosari, Danramil Arjosari, Ketua LPYP Punung Muhammad Rofiq Fauzi, Kepala Desa se-Kecamatan Arjosari, para donatur Yayasan Aba Al-Aitam, Masyayikh Perguruan Islam Pondok Tremas dan masyarakat sekitar Gedung Pusat Aba Al-Aitam.

 

Penulis: Abdul Aziz


Matraman Terbaru