• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Matraman

Perluas Khidmat, Pondok Tremas Bangun Gedung Madrasah Baru

Perluas Khidmat, Pondok Tremas Bangun Gedung Madrasah Baru
Pimpinan Pondok Tremas, KH Fuad Habib Dimyathi dan sejumlah tokoh saat pembangunan gedung baru. (Foto:NOJ/Anwar Sanusi)
Pimpinan Pondok Tremas, KH Fuad Habib Dimyathi dan sejumlah tokoh saat pembangunan gedung baru. (Foto:NOJ/Anwar Sanusi)

Pacitan, NU Online Jatim
Perguruan Islam Pondok Tremas, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan melangsungkan proses pembangunan gedung madrasah. Adapun peletakan batu pertama berpusat di  sebelah utara pondok putri. Kegiatan tersebut dilakukan oleh para masyayikh, jajaran pemerintah daerah, dan tokoh masyarakat setempat, Ahad (23/01/2022).
 

Pimpinan Umum Pondok Tremas, KH Fuad Habib Dimyathi mengungkapkan bahwa salah satu tokoh yang babat alas  pesantren adalah Mbah Kethok Jenggot dan Pangeran Dipomenggolo. Keduanya merupakan seperjuangan dengan Pangeran Diponegoro yang menjadi pahlawan nasional berkat mempertahankan bangsa Indonesia dari penjajah.
 

“Salah satu sahabat Pangeran Diponegoro adalah Syekh Dipomenggolo Tremas yang konon ia adalah adik periode dari Pangeran Diponegoro semasa mondok di Tegalsari,” katanya. 
 

Dilanjutkan dia, sebutan Pondok Tremas diambil dari nama Desa Tremas. Hal ini berdasarkan persatuan yang kuat antara keluarga pondok dan masyarakat. Karenanya, walaupun telah banyak dibangun gedung yang berbagai macam nama, akan tetapi tidak akan mengubah nama Pondok Tremas itu sendiri. 
 

"Pondok ini kenapa bernama Pondok Tremas? karena telah bersatunya antara masyarakat dan pondok yang akhirnya dinamakan Perguruan Islam Pondok Tremas. Sudah menjadi iktikad kami untuk tidak mengubah nama ini,” terang pria yang kerap disapa Gus Fuad tersebut. 
 

Di samping itu, dirinya sangat mengapresiasi tokoh masyarakat maupun jajaran pemerintah yang hadir. Ia mengungkapkan bahwa keberadaan mereka  merupakan motivasi yang luar biasa bagi pesantren yang dipimpinnya. 
 

“Kedatangan bapak ibu semua menjadikan siraman bagi kami. Mudah-mudahan persaudaraan seperti ini selalu tersambung antara keluarga Pondok Tremas dan hadirin semua,” tuturnya.
 

Dalam rangkaian kegiatan peletakan batu pertama rencana pembangunan gedung madrasah tersebut, ia  mengimbau kepada hadirin untuk selalu bersyukur dan bermunajat kepada Allah SWT. 
 

Gus Fuad berharap, dengan dibangunnya gedung baru ini, nantinya mampu menambah kelancaran proses belajar mengajar  di Pondok Tremas.
 

“Berbagai pembangunan telah kami lakukan. Harapannya  lancar dan lebih sukses proses tarbiyah wa ta’lim di Pondok Tremas sekaligus menyukseskan program negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,” jelasnya.
 

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ronny Wahyono, Perwakilan Polres, TNI, pengusaha, dan jajaran pengasuh pesantren. 
 

Penulis: Anwar Sanusi


Editor:

Matraman Terbaru