• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 5 Juli 2022

Matraman

Pondok Tremas Gelar Pameran Hasta Karya Santri

Pondok Tremas Gelar Pameran Hasta Karya Santri
Salah satu stand pameran santri Pondok Pesantren Tremas, Pacitan. (Foto: NU Online)
Salah satu stand pameran santri Pondok Pesantren Tremas, Pacitan. (Foto: NU Online)

Pacitan, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Tremas, Kabupaten Pacitan menggelar pameran Expo Hasta Karya Santri selama 5 hari sejak Jum’at-Selasa (29/10 - 02/11). Dalam kegiatan yang dilaksanakan di aula pesantren setempat itu, para santri menampilkan berbagai macam karyanya.

 

Pameran ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus haul KH Habib Dimyathi yang digelar di Pondok Tremas. Adanya pameran ini diharap dapat menumbuhkan kreativitas dalam diri para santri dan beberapa bakat yang terpendam bisa segera bermunculan

 

"Banyaknya santri yang memiliki kreativitas dan bakat terpendam menjadi salah satu faktor pendorong diadakannya acara expo hasta karya santri ini," kata ketua panitia kegiatan, Syifalliyana dilansir NU Online.  

 

Menurut Syifa, sebanyak 21 peserta menampilkan karya seni pada pameran ini, para santri tersebut berasal dari 13 asrama putra, 6 asrama putri, Fata Al-Muntadlor, dan santriwati Madrasah Tsanawiyah. Adapun karya yang ditampilkan diantaranya adalah gambar miniatur, kaligrafi, dan aksesoris.  

 

“Pameran ini akan dinilai oleh dewan juri, lalu kejuaraan diumumkan saat malam pengajian dzikra maulid nabi pada malam acara puncak,” ungkapnya.

 

Syifa menjelaskan, para pengunjung yang hadir ke lokasi pameran dipersilahkan untuk membeli karya seni yang diminati.  Selain itu juga disediakan beberapa stand untuk bazzar santri. Diantara bazzar yang ditawarkan antara lain buku, busana, kaos, dan lain sebagainya. 

 

“Kegiatan dilaksanakan bergiliran antara santriwan dan santriwati. Untuk santriwati mendapatkan bagian jadwal kunjung dari pagi sampai sore kemudian dilanjutkan jadwal kunjung putra pada malam hari,” jelasnya.  

 

 

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan hiburan tersendiri bagi para santri sekaligus dapat memberikan motivasi agar semakin semangat dalam berkarya.


Editor:

Matraman Terbaru