• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Matraman

Fatayat NU Madiun Kawal Generasi Indonesia Bebas Stunting

Fatayat NU Madiun Kawal Generasi Indonesia Bebas Stunting
Pemberian makanan bergizi kepada ibu hamil. (Foto: NOJ/Mirna)
Pemberian makanan bergizi kepada ibu hamil. (Foto: NOJ/Mirna)

Madiun, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Madiun laksanakan program Ramadlan Sehat 'Cegah Stunting bersama Ibu Hamil'. Kegiatan tersebut berupa pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil oleh PC Fatayat NU Kabupaten Madiun dan diikuti oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan ranting se-Kabupaten Madiun.

 

Pendampingan ibu hamil oleh Fatayat NU dilaksanakan selama bulan Ramadlan sekaligus dalam rangka memperingati Harlah ke-71 Fatayat NU. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian Fatayat NU di Kabupaten Madiun terhadap pencegahan stunting.

 

Dalam pelaksanaannya, pengurus mendatangi rumah ibu hamil di daerah masing-masing dan memberikan makanan tambahan. Selain itu dalam pendampingan tersebut Fatayat NU Kabupaten Madiun juga memberikan edukasi kepada ibu hamil agar memperhatikan 1000 hari pertama kehidupan anak.

 

"Tidak hanya memberikan makanan tambahan, Fatayat NU Kabupaten Madiun juga memberikan edukasi kepada ibu hamil tentang pentingnya 1000 hari pertama kehidupan dengan memberikan selebaran," kata Ummu Habibah kepada NU Online Jatim, Jumat (23/04/2021).

 

Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Madiun ini juga mengungkapkan dampak jangka panjang dari stunting yaitu menurunnya kemampuan kognitif dan prestasi belajar, menurunnya kekebalan tubuh yang mengakibatkan mudah terserang penyakit serta berisiko tinggi terkena diabetes, obesitas, penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker, stroke, bahkan disabilitas pada usia tua.

 

Maka dari itu Fatayat NU Kabupaten Madiun melaksanakan program pendampingan kepada ibu hamil selama Ramadlan ini.

 

"Diantaranya adalah dengan memberikan makanan tambahan agar kebutuhan gizi ibu hamil terpenuhi serta edukasi pentingnya 1000 hari kehidupan pertama," jelasnya. 

 

Dirinya berharap, kegiatan ini bisa mengedukasi para ibu hamil sehingga tidak ada anak stunting di Indonesia.

 

"Semoga generasi Indonesia bebas stunting," pungkas Ummu.

 

Editor: Risma Savhir


Matraman Terbaru