• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Matraman

Jumat Berbagi ke Pesantren, Fatayat NU di Madiun Bagikan Ratusan Takjil

Jumat Berbagi ke Pesantren, Fatayat NU di Madiun Bagikan Ratusan Takjil
Pengurus PAC Fatayat NU Dagangan Kabupaten Madiun saat membagikan nasi kotak dan takjil kepada santri, Jumat (16/04/2021). (Foto: NOJ/ Mirna Nur Asyiah).
Pengurus PAC Fatayat NU Dagangan Kabupaten Madiun saat membagikan nasi kotak dan takjil kepada santri, Jumat (16/04/2021). (Foto: NOJ/ Mirna Nur Asyiah).

Madiun, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun melaksanakan kegiatan ‘Jum’at Berbagi’. Kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan sosial kepada masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk pentashafuran sembako kepada dluafa, janda miskin serta masyarkat yang membutuhkan. 

 

Kegiatan ‘Jumat Berbagi’ sudah dilaksanakan rutin setiap hari Jumat dengan membagikan bantuan sembako kepada warga yang membutuhkan di setiap Ranting PAC Fatayat NU Dagangan secara bergilir. Tetapi selama bulan suci Ramadlan kegiatan ini dikemas dalam bentuk pembagian nasi kotak dan  takjil kepada para santri di Pondok Pesantren se Kecamatan Dagangan.

 

Selain mengisi kegiatan Ramadlan, ‘Jum’at Berbagi’ nasi kotak dan takjil juga merupakan rangkaian Hari Lahir (Harlah) ke-71 Fatayat NU.

 

“Kegiatan ‘Jumat Berbagi’ ini sudah berlangsung rutin tiap Jumat selama 3 bulan dalam bentuk pembagian sembako kepada dluafa. Tetapi selama bulan Ramadlan ini kami fokuskan  kegiatan berbagi nasi kotak dan takjil kepada para santri sebagai bentuk kepedulian kepada para santri dan sarana menebar manfaat untuk sesame,” ujar Ayuk Eka Rahayu Koordinator ‘Jum’at Berbagi’ Kepada NU Online Jatim, Jum’at(16/04/2021).

 

Ia juga menjelaskan bahwa sumber dana dari kegiatan ini berasal dari swadaya anggota Fatayat NU. Selain itu ada pula bantuan para donatur yang berasal dari berbagai kalangan. Seperti Camat, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Ranting-ranting Muslimat dan masyarakat umum dari wilayah Kecamatan Dagangan. Bahkan ada juga donatur dari luar daerah. 

 

Donasi yang diberikan juga bermacam-macam. Seperti uang, beras, sayuran, minuman, kotak nasi dan lain sebagainya. “Untuk penggalangan dananya kami buka open donasi melalui media sosial Facebook, Whatsapp (WA) dan Instagram yang terbuka untuk masyarakat umum. Salah satunya PAC Fatayat NU Kecamatan Dagangan mendapat apresiasi yang baik dari  ibu Camat Dagangan dengan ikut serta berdonasi dalam kegiatan ini," ungkap Ayuk, sapaannya.

 

Pada minggu pertama bulan puasa ini kegiatan ‘Jumat Berbagi’ dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Jayadi Desa Ketandan, Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Pada kegiatan ini ada 200 paket nasi kotak dan takjil masakan anggota Fatayat NU yang dibagikan kepada santri.

 

Ikut serta dalam pembagian tersebut jajaran Pengurus Harian PAC Fatayat Dagangan, tim ‘Jum’at Berbagi’ dan pengurus Ranting Fatayat Desa Ketandan.

 

Selain kegiatan tersebut, selama bulan suci Ramadlan ini yang bertepatan dengan Harlah Fatayat NU ke 71 tahun, PAC Fatayat Kecamatan Dagangan juga melaksanakan kegiatan ziarah makam kiai dan ibu nyai pejuang NU setempat.

 

 

Kemudian  kegiatan Ramadlan sehat bersama ibu hamil untuk mencegah stunting dengan memberikan menu sehat berbuka puasa, open donasi pentasharufan mukena, pengibaran bendera Fatayat di masing-masing ranting serta sebagai puncaknya mengadakan khatmil Qur’an, istighotsah dan buka bersama pada tanggal 24 April 2021 mendatang.

 

Penulis: Ayuk Eka Rahayu

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru