• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Matraman

Gus Ali Gondrong Ajak Nahdliyin di Ngawi Puasa Tasu'a dan Asyura

Gus Ali Gondrong Ajak Nahdliyin di Ngawi Puasa Tasu'a dan Asyura
KH Muhammad Ali Shodiqin atau Gus Ali Gondrong. (Foto: Istimewa)
KH Muhammad Ali Shodiqin atau Gus Ali Gondrong. (Foto: Istimewa)

Ngawi, NU Online Jatim
KH Muhammad Ali Shodiqin atau Gus Ali Gondrong mengajak Nahdliyin di Ngawi untuk melaksanakan puasa tasu’a dan asyura pada tanggal 9-10 Muharram 1444 Hijriyah. Hal itu ia sampaikan saat ceramah dalam ‘Ngawi Bershalawat’ dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Ngawi ke-664. Kegiatan dipusatkan di Area Kepatihan Kecamatan/Kabupaten Ngawi, Sabtu, (06/08/2022).


"Besok jangan lupa berpuasa tasu’a dan asyura yang jatuh pada hari hari Ahad-Senin (07-08/08/2022)," ujarnya.


Ia menjelaskan, fadilah yang didapatkan jika menjalankan puasa tersebut akan mendapatkan pahala seperti ibadahnya beberapa malaikat.


Selain itu, Gus Ali mengajak jamaah untuk mengikuti kebiasaan leluhur dalam menjalani hidup sehari-hari. Di antaranya dengan memperbanyak tirakat dan menerima keadaan hidup yang telah ditakdirkan Tuhan.


"Mari kita ikuti kebiasaan para leluhur kita yang tetap sehat meski usianya tidak muda lagi. Yaitu dengan memperbanyak tirakat seperti sedikit tidur dan kuat menahan lapar, juga menerima keadaan hidup yang telah ditentukan Tuhan," ungkapnya.


Diketahui, kegiatan Ngawi Bershalawat ini dihadiri ribuan jamaah. Dengan diiringi hadrah Semut Ireng, jamaah menikmati acara tersebut dengan khidmat. Dari saking asyiknya, sebagian jamaah melambaikan tangan dan menggerakkan badan ketika bershalawat.


Acara ini dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ngawi. Selain jamaah lokal Ngawi, sebagian pula datang jamaah dari kabupaten/kota sekitar, seperti Bojonegoro, Sidoarjo, Blora, Ponorogo, dan lainnya.


Matraman Terbaru