• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Matraman

HSN 2021, LP Ma'arif NU Nganjuk Gelar Lomba Cerdas Cermat Aswaja Virtual

HSN 2021, LP Ma'arif NU Nganjuk Gelar Lomba Cerdas Cermat Aswaja Virtual
Tim perwakilan dari Madrasah Antusias ikuti Lomba Cerdas Cermat Aswaja. (Foto: NOJ/Hafidz Yusuf)
Tim perwakilan dari Madrasah Antusias ikuti Lomba Cerdas Cermat Aswaja. (Foto: NOJ/Hafidz Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Nganjuk  menggelar perlombaan Cerdas Cermat (CC) Aswaja. Kompetisi ini dikhususkan untuk siswa-siswi madrasah dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Nganjuk.

 

Sekretaris LP Maarif NU Nganjuk, Wahyu Irvana menyebut kegiatan itu digelar secara khusus untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021.

 

“Lomba ini adalah salah satu rangkaian peringatan Hari Santri dan sebagai penguatan pemahaman Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) yang menjadi fokus LP Ma’arif kepada para pelajar,” ungkapnya kepada NU Online Jatim, Selasa (12/10/2021).

 

Disampaikan Wahyu, babak penyisihan lomba CC-Aswaja dilaksanakan secara virtual. Sebab, masih dalam situasi pandemi Covid-19. Meski begitu, ia meyakini tak akan mengurangi esensi dari kegiatan tersebut.

 

“Ada lebih dari 40 tim yang mengikuti  penyisihan lomba cerdas cermat Aswaja ini dengan didampingi oleh panitia melalui vitual. Dari enam tim yang lolos babak penyisihan nantinya akan bertanding di babak final yang akan digelar pada tanggal 16 Oktober mendatang,” paparnya.

 

Sementara itu, penanggungjawab lomba Dwi Arum Puspitasari berharap, tindaklanjut dari kegiatan ini adalah sebagai rumusan kurikulum mata pelajaran Aswaja di madrasah-madrasah.

 

“Supaya ketika nanti para peserta jadi pemimpin akan faham harakah, dan fikrah Aswaja An-Nahdliyyah sesuai dengan pemikiran ulama NU sehingga tidak mudah terpapar aliran radikalisme,” papar Arum.

 

Salah satu peserta cerdas cermat aswaja dari MA Al-Hidayah, Nabilah Arisanti, mengaku senang dapat mengikuti lomba CC Aswaja yang digelar LP Maarif NU Nganjuk tersebut. Ia menilai perlombaan tersebut penting untuk mengasah pengetahuan aswaja di kalangan pelajar.

 

 

“Sangat penting untuk menambah pengetahuan dan mengenalkan ajaran Aswaja NU kepada siswa khususnya di Kabupaten Nganjuk sebagai bekal ajaran agama di masyarakat,” tandasnya.

 

Penulis: Hafidz Yusuf


Editor:

Matraman Terbaru