• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Matraman

Jalan Berliku Ketua IPNU Ngawi Kenalkan Organisasi 

Jalan Berliku Ketua IPNU Ngawi Kenalkan Organisasi 
Mantan Ketua PC IPNU Kabupaten Ngawi, Habib Mualim. (Foto: NOJ/Dewin)
Mantan Ketua PC IPNU Kabupaten Ngawi, Habib Mualim. (Foto: NOJ/Dewin)

Ngawi, NU Online Jatim
Habib Mualim adalah demisioner Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ngawi. Saat masih aktif sebagai ketua, banyak cara yang dilakukan agar keberadaan organisasi pelajar Nahdliyin ini dapat dikenal kalangan yang lebih luas. Dari mulai menggunakan bahasa Inggris, mendirikan kepengurusan di setiap kecamatan dan membekali diri lewat beragam keterampilan.

 

"Ketika masih menjadi Ketua IPNU, saya menggunakan bahasa Inggris untuk menaikkan nilai organisasi di mata masyarakat," katanya, Sabtu (04/09/2021).


Disampaikannya bahwa berbahasa Inggris tidaklah hanya di kelas, bisa juga dilakukan saat melakukan aktivitas lain seperti saat menyampaikan sambutan dalam sebuah acara resmi maupun tidak resmi. 

 

Hal itu juga yang membuat dirinya terus belajar dan memiliki tekat kuat untuk dapat berbahasa Inggris dengan baik. Hasilnya? Bisa menguasai banyak kosa kata dan tentu saja semakin lancar berkomunikasi.

 

Hal yang juga lekat dari Habib Mualim adalah sosok tidak lelah belajar. Salah satu yang tengah digeluti adalah kemampuan dalam desain. Apalagi keterampilan tersebut sangat dibutuhkan baik di pondok dan organisasi.

 

“Sehingga saya harus mempelajarinya,” akunya.

 

Pria lulusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Sekolah Tinggi Agama Islam  (STAI) Ma'arif Kendal, Kabupaten Ngawi tersebut juga merupakan salah satu santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Sondriyan Kendal, Ngawi. Tidak semata belajar di pesantren dan sekolah, juga pernah mengharumkan almamater sebagai juara.

 

"Pernah juara pidato tingkat kabupaten pada saat masih sekolah," terangnya.

 

Habib Mualim juga dikenal tanpa lelah dan menyerah dalam memajukan IPNU dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Ngawi. Baik dari segi kualitas maupun kuantitas kader. Hal tersebut dibuktikannya dengan keberadaan jumlah anggota dan kepengurusan. Dari yang baru memiliki kurang dari 10 Pimpinan Anak Cabang (PAC) menjadi 19.

 

“Dengan demikian, keberadaan IPNU dan IPPNU di seluruh kecamatan telah terbentuk,” pungkasnya.


Penulis: Dewin Sukoco

Editor: Syaifullah​​​​​​​


Editor:

Matraman Terbaru