• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Matraman

Jelang Ramadlan, 140 Masjid di Trenggalek Digerojok Bantuan Alat Kebersihan

Jelang Ramadlan, 140 Masjid di Trenggalek Digerojok Bantuan Alat Kebersihan
Baznas dan Kwarcab Pramuka Trenggalek melakukan penyemprotan dan bagi-bagi alat kebersihan pada 140 masjid menjelang Ramadlan. (Foto: NOJ/MK)
Baznas dan Kwarcab Pramuka Trenggalek melakukan penyemprotan dan bagi-bagi alat kebersihan pada 140 masjid menjelang Ramadlan. (Foto: NOJ/MK)

Trenggalek, NU Online Jatim

Ramadlan tahun ini diprediksi jatuh pada 13 April 2021. Berbagai pihak memiliki cara yang berbeda dalam menyambut bulan suci umat Islam itu. Seperti yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Kabupaten Trenggalek yang menyalurkan bantuan alat kebersihan untuk 140 Masjid yang ada di 14 kecamatan di Trenggalek, Jumat, (09/04/2021).

 

Ketua Baznas Trenggalek Mahsun Ismail mengatakan bahwa kegiatan ini adalah hasil kolaborasi antara Baznas dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Trenggalek. Dikatakannya, Baznas sendiri setiap tahun sebelum ada pandemi rutin menyelenggarakan giat Ramadlan dengan Safari Muhibah dengan mengirimkan santri untuk mengajar anak-anak di daerah kecamatan se Kabupaten Trenggalek.

 

“Karena pandemi, dua tahun ini kegiatan tersebut terjeda. Maka, Baznas pun menyajikan giat Ramadlan dengan format berbeda menyesuaikan keadaan, yakni dengan menyemprot desinfektan di 140 masjid/mushala di Kabupaten Trenggalek serta meninggalkan alat kebersihan berupa alat pel lantai,” kata Mahsun.

 

Menurut Pria yang juga Pembina Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) tersebut, tujuan dari kegiatan ini guna menyongsong dan menyambut bulan suci Ramadlan. Di mana tempat ibadah adalah sasaran utama umat Islam melakukan kegiatan, mulai dari Tarawih, tadarus, Madrasah Diniyah (Madin), Taman Pendidikan Alquran (TPA), dan lain-lain. Dengan melakukan pembersihan tempat ibadah, pihaknya ingin membantu  memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

 

"Di samping itu, kami juga ingin memberi edukasi kepada anak-anak muda untuk tanggap terhadap situasi lingkungan, khususnya menjelang Ramadhan. Karena kesadaran akan kebersihan diri dan lingkungan masih tetap perlu terus ditingkatkan," ujar Mahsun.

 

Dari kegiatan ini, Mahsun berharap masyarakat benar-benar menyambut Ramadlan dengan suka cita tanpa mengurangi kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan karena pandemi masih berlangsung.

 

Takmi Masjid An-Nur penerima bantuan di Kecamatan Suruh, Kasni, bersyukur mendapatkan bantuan dari kegiatan tersebut. Ia berharap dari adanya bantuan alat kebersihan dan semprot disenfektan ini warga sekitar masjid semakin sadar pentingnya kebersihan.

 

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Baznas khususnya. Kebetulan di Masjid ini pelnya juga sudah rusak dan ternyata dikasih dari Baznas, gratis pula. Semoga menjadi amal ibadah dan mendapat balasan yang lebih dari ini untuk Baznas dan Pramuka Trenggalek," ucap Kasni.

 

Editor: Nur Faishal


Matraman Terbaru