• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 13 Agustus 2022

Malang Raya

Haflah Madin di Malang, Kiai NU Ingatkan Nahdliyin Sambut Ramadlan Suka Cita

Haflah Madin di Malang, Kiai NU Ingatkan Nahdliyin Sambut Ramadlan Suka Cita
Tausiyah saat Haflah Akhirussannah Madin Salafiyah Al Mukarromah Dau Malang pada Kamis (08/04/2021). (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).
Tausiyah saat Haflah Akhirussannah Madin Salafiyah Al Mukarromah Dau Malang pada Kamis (08/04/2021). (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).

Malang, NU Online Jatim

Madrasah Diniyah (Madin) Salafiyah Al Mukarromah Selororejo Dau Kabupaten Malang menggelar haflah akhirus sannah dan haul akbar sesepuh Selorejo di halaman Madin setempat, Kamis (08/04/2021) siang. Dalam kesempatan tersebut, nahdliyin diimbau untuk menyambut Ramadlan denga suka cita.

 

Dalam kegiatan puncak kali ini mengundang KH Harun Ismail dari Blitar untuk menyampaikan nasihat – nasihatnya kepada santri. Selain itu juga hadir Rais Syuriyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Dau.

 

“Memang untuk saat ini masih dalam kondisi pandemi akan tetapi kami tetap mengadakan kegiatan haflah ini. Tentunya ini adalah perintah dan isyaroh dari ulama-ulama sekitar. Dalam hal ini kami sudah melakukan komunikasi dengan pihak pemerintah desa (Pemdes) setempat dan mendapat restu untuk mengadakan kegiatan haflah akan tetapi dengan menjalankan protokol kesehatan (proses) yang ketat. InsyaAllah ibadah semacam ini dengan berdzikir dan berdo’a kita akan dijauhkan dari bala’ dan bencana,” kata Busrol Hadi, Ketua Pelaksana.

 

Busrol sapaan akrabnya juga menyampaikan bahwa tidak ada kendala selama pelaksanaan pembelajaran madrasah di masa pandemi. “Selama masa pandemi kegiatan pembelajaran tetap berlangsung dengan normal dan alhamdulillah semuanya masih dalam keadaan sehat wal afiat. Justru di masa pandemi saat ini keinginan santri untuk belajar agama dalam rangka mendekatkan diri kepada Sang Ilahi Robbi semakin kuat,” ungkapnya.

 

“Karena tokoh – tokoh agama setempat selalu mengingatkan akan hal hal baik yang harus dilakukan agar nantinya tercatat bi husnil khotimah. Intinya yakni pembelajaran tatap muka bertemu guru atau lebih kita kenal tallaqi tidak akan bisa tergantikan. Namun pembelajaran harus tetap mengutakan protokol kesehatan seperti halnya memakai masker dan menjaga jarak aman,” lanjut warga Selorejo tersebut.

 

Pada haflah tahun ini merupakan gabungan dari haflah tahun kemarin. Terlihat 27 santri yang di wisuda dalam momentum ini. Busrol juga menjelasankan akan harapannya untuk seluruh santri madrasah.

 

“Kami sebagai panitia dan pengurus berharap kegiatan belajar mengajar harus di tingkatkan walaupun masih pandemi. Jangan sampai ketakutan yang berlebihan menjadi bomerang bagi kita, akan tetapi jangan sampai gegabah. Tetap semangat belajar dan teruslah merasa haus akan ilmu,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Rais Syuriyah MWCNU Dau juga mengimbau kepada nahdliyin setempat untuk menyambut Ramadlan denga suka cita.

 

 

“Kami mengimbau agar nahdliyin di Dau khususnya bisa menyambut Ramdlan dengan perasaan senang dan gembira. Kegiatan Ramadlan tetap dilaksanakan seperti biasanya akan tetapi tetap harus memperhatikan prosedur kesehatan untuk kemaslahatan umat,” imbau KH Muhammad Abdul Qohar Hasani.

 

Editor: Romza


Editor:

Malang Raya Terbaru