• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Matraman

Lewat Perjuangan Panjang, MWCNU di Ngawi Miliki Gedung Bersama

Lewat Perjuangan Panjang, MWCNU di Ngawi Miliki Gedung Bersama
Peresmian gedung oleh Ketua MWCNU Kendal (Foto: NOJ/Faruq)
Peresmian gedung oleh Ketua MWCNU Kendal (Foto: NOJ/Faruq)

Ngawi, NU Online Jatim
Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi pada Ahad, (23/01/2022) resmikan gedung Aswaja NU Center. Lokasinya berada di Dusun Pucanganom, Desa Kendal, Kecamatan Kendal.
 

Gedung Aswaja NU center tersebut adalah bekas gedung Madrasah Tsanawiyah Eka Bhakti dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Panca Bhakti. Dalam perjalanannya secara resmi diwakafkan kepada pengurus MWCNU setempat tahun 2019.
 

"Awalnya ini adalah gedung sekolah MTs Eka Bhakti dan SMA Panca Bhakti, yang kemudian diwakafkan kepada pengurus NU setempat tahun 2019 silam karena vakum dan tutup. Kemudian kita renovasi dan alhamdulillah hari ini sudah diresmikan,” kata Muttaqin Mu'min, Ketua MWCNU setempat kepada NU Online Jatim, Ahad (23/01/2022).
 

Sampai saat ini, keberadaan gedung digunakan untuk kegiatan rutinan. Juga basecamp sejumlah badan otonom juga disediakan satu aula untuk pertemuan. 
 

“Selain itu salah satu ruangan juga digunakan untuk penyediaan pupuk bagi petani. Karena petani setempat kerap resah tidak mendapat pupuk untuk lahannya,” ujarnya.
 

Dengan adanya gedung Aswaja NU Center ini diharapkan bersama dengan banom NU lain dapat membesarkan NU. 
 

“Demikian pula mempercepat pelaksanaan program jamiyah dan dapat memberikan manfaat kepada Nahdliyyin," harapnya.
 

Selain digunakan untuk pusat kegiatan banom NU setempat, rencananya di lingkup gedung Aswaja NU Center tersebut didirikan juga Balai Latihan Kerja (BLK). Hal itu untuk meningkatkan kesejahteraan Nahdliyyin ke depan.
 

“Kami sangat mengharapkan dengan adanya rutinan dapat lebih mempererat lagi hubungan antara banom sehingga nantinya dapat lebih berkolaborasi dengan baik untuk memajukan NU,” pungkasnya.
 

Selain peresmian gedung Aswaja NU Center, kegiatan tersebut juga bersamaan dengan pembukaan rutinan Ahad Wage. Yakni rutinan dengan melibatkan banom NU di kecamatan tersebut. Mulai dari tingkatan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Ansor, Fatayat, Muslimat, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), hingga Jamiyah Ruqyah Aswaja (JRA).


Editor:

Matraman Terbaru