• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Matraman

NU Ngawi Adakan Workshop Jurnalistik dan Literasi Digital

NU Ngawi Adakan Workshop Jurnalistik dan Literasi Digital
Pelaksanaan workshop jurnaistik dan literasi digital oleh PCNU Ngawi. (Foto: NOJ/ Dewi Maslakhatunni'mah)
Pelaksanaan workshop jurnaistik dan literasi digital oleh PCNU Ngawi. (Foto: NOJ/ Dewi Maslakhatunni'mah)

Ngawi, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ngawi mengadakan workshop jurnalistik dan literasi digital, Sabtu (23/01/2022). Kegiatan yang menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat ini dipusatkan di Rumah Makan (RM) Hj Maimun, Kecamatan Ngawi, Ngawi.

 

Kegiatan yang mengusung tema ‘Millenial Digital Camp’ tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan atau skill Nahdliyin di bidang jurnalistik, utamanya generasi milenial NU kabupaten setempat.

 

Ketua panitia kegiatan Samsul Hadi mengungkapkan, tantangan paling berat di era digital ini adalah skill. Sehingga dengan diadakannya workshop ini dapat meningkatkan minat menulis di kalangan NU. 

 

"Tantangan paling berat di era digital ini adalah skill, tanpa skill kita akan kesusahan masuk di dunia literasi," ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Selain itu, ia juga mengharapkan kegiatan tersebut dapat mewadahi minat dan bakat generasi muda agar dapat mengedukasi masyarakat dan bijak menggunakan media sosial.

 

“Saya harap nantinya para peserta menjadi pelopor dalam mengajarkan terkait pemanfaatan media sosial yang tanpa batas ini,” imbuhnya.

 

Selain membentuk jurnalis NU yang profesional, diharapkan lulusan pelatihan ini dapat menjadi penggerak atas terbentuknya website di masing-masing Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) di Kabupaten Ngawi.

 

"Lulusan kegiatan ini nantinya setiap MWCNU, bahkan ranting NU, mempunyai website. Dari sini nantinya bisa menjadi tolak ukur dalam mengetahui progresifitas masing-masing," kata Samsul Hadi.

 

Kegiatan tersebut mengundang tiga narasumber, yakni Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ngawi Kundari Pri Susanti, serta Samsul Hadi dan Zainuri perwakilan dari PCNU Ngawi.

 

Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Ngawi Dwi Riyanto Djatmiko, perwakilan 19 MWCNU se-Ngawi, badan otonom (banom) NU setempat.


Matraman Terbaru