• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Matraman

Ragam Kemeriahan Hari Santri 2021 di Ngawi

Ragam Kemeriahan Hari Santri 2021 di Ngawi
Sejumlah peserta upacara Hari Santri Nasional 2021 di Kabupaten Ngawi. (Foto: NOJ/ Dewi)
Sejumlah peserta upacara Hari Santri Nasional 2021 di Kabupaten Ngawi. (Foto: NOJ/ Dewi)

Ngawi, NU Online Jatim

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 di Kabupaten Ngawi mendapatkan sambutan hangat dari elemen Nahdlatul Ulama (NU). Mulai dari Ngawi bagian barat hingga Ngawi ujung timur.

 

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Mantingan yang berada di Ngawi bagian barat menggelar upacara HSN pada Jum'at (22/10). Upacara ini melibatkan seluruh Badan Otonom (Banom) NU di kecamatan setempat.

 

Selain itu, upacara juga diikuti para santri di wilayah tersebut. Adapun kegiatan tersebut dipusatkan di Pondok Pesantren (PP) Al-Amin Tempursari. Petugas upacara merupakan perwakilan dari banom dan lembaga NU. Sedangkan KH Ulin Nuha Rozy, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Ngawi sekaligus pengasuh Pesantren Temulus, Mantingan menjadi inspektur.

 

Sementara di Ngawi bagian tengah juga tak kalah meriah. Upacara yang dipusatkan di Pesantren Al-Hidayah, Kendal juga menarik perhatian seluruh peserta dan tamu undangan dengan penampilan tari saman yang dibawakan oleh 200 santri putri pondok tersebut.

 

Selain dihadiri oleh dewan guru, upacara tersebut juga diikuti oleh seluruh Banom NU dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Muslimat, Fatayat, MWCNU, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) hingga Kepolisian Sektor (Polsek) setempat.

 

Peringatan HSN di  Ngawi bagian timur, tepatnya di Kecamatan Pangkuryang dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam juga dilaksanakan dengan kegiatan upacara yang melibatkan seluruh Banom NU serta siswa madrasah tersebut.

 

Selain itu, semarak peringatan HSN juga akan dilaksanakan oleh Banom NU Kecamatan Karangjati dengan menampilkan pagelaran wayang kulit yang didalangi oleh Ketua IPNU setempat, serta mengundang seniman Cak Yudo Bakiak, pada Ahad (24/20) mendatang.

 

“Semarak Hari Santri tahun ini juga akan dilaksankan Ahad tanggal 24 nanti dengan pagelaran wayang kulit dan akan dihadiri juga oleh seniman CakYudo Bakiak,” Ujar Wahyu Yoga, Ketua IPNU setempat.

 

 

“Adapun untuk meminimalisir kerumunan, panitia menerapkan sistem tiket pada kegiatan ini nanti,” terangnya.

 

Penulis: Dewi Ni’mah


Editor:

Matraman Terbaru