• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Matraman

Megengan on The Road, Cara Madrasah di Trenggalek Sambut Ramadhan

Megengan on The Road, Cara Madrasah di Trenggalek Sambut Ramadhan
Suasana pemberangkatan megengan on the road di Desa Pakis, Durenan, Trenggalek. (Foto: NOJ/ISt)
Suasana pemberangkatan megengan on the road di Desa Pakis, Durenan, Trenggalek. (Foto: NOJ/ISt)

Trenggalek, NU Online Jatim

Menjelang bulan suci Ramadhan, banyak kearifan lokal yang ingin menghormati bulan puasa. Salah satunya Raudhatul Athfal (RA) Al-Huda dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Desa Pakis, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek.


Sejumlah 200 siswa-siswi antusias mengikuti Megengan On The Road, Parade Pramuka Garuda, Semaphore serta membagikan ratusan berkat atau nasi bungkus.


"Sebetulnya acara megengan on the road setiap tahun istilahnya adalah pawai ta'aruf yang dilaksanakan menjelang bulan suci Ramadhan. Karena madrasah selalu berinovasi baik bungkusnya maupun isinya, kami coba berbeda," ujar Plt Kepala MI Miftahul Huda, Hamam Badroni, Sabtu (02/03/2024).


Dirinya menjelaskan, jika dahulu menampilkan drumband, tetapi untuk tahun ini mencoba sesuatu yang berbeda. “Kita membungkusnya dengan nama megengan on the road,” terangnya.


Menurutnya, kegiatan membagikan berkat megengan ini kemungkinan baru pertama kali ada di wilayah Durenan. Lantaran, seperti ini biasanya yang sudah-sudah berkat megengan hanya dibagikan ke lingkungan sekitar.


"Kali ini kita mencoba sesuatu yang lebih luas, sehingga kesepakatan dengan paguyuban wali murid anak-anak itu membawa berkat minimal dua, ini semua dari wali murid bukan dari guru-guru," jelasnya.


Dirinya berharap, ke depan untuk terus berperan dalam suksesnya pendidikan di madrasah. Demi kegiatan-kegiatan tersebut, bisa menunjukkan adanya kepercayaan dari masyarakat terhadap madrasah yang semakin meningkat.


“Dari kegiatan ini, madrasah lebih dipercaya masyarakat dan madrasah sendiri akan terus berusaha untuk memperbaiki diri kedepannya untuk terus lebih baik," tandasnya.


Matraman Terbaru