• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Matraman

Melalui PKD dan Diklatsar, Ansor di Trenggalek Ingin Cetak Kader Berkualitas

Melalui PKD dan Diklatsar, Ansor di Trenggalek Ingin Cetak Kader Berkualitas
Pelantikan saat pembukaan PKD dan Diklatsar PAC GP Ansor Durenan Kabupaten Trenggalek, Jumat (04/06/2021). (Foto: NOJ Marisa Khoirila).
Pelantikan saat pembukaan PKD dan Diklatsar PAC GP Ansor Durenan Kabupaten Trenggalek, Jumat (04/06/2021). (Foto: NOJ Marisa Khoirila).

Trenggalek, NU Online Jatim

Kondisi Pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Trenggalek tidak menyurutkan semangat aktivis kaum pergerakan. Seperti yang ditunjukkan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek.

 

Mereka menggelar Pelatihan Kader Dasar (PKD) serta Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) pada Jumat (04/06/2021) hingga Ahad (07/06/2021). Kegiatan yang digelar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda desa Pakis Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek ini diikuti oleh 30 peserta PKD dan 35 peserta Diklatsar.

 

"Acara intinya memang PKD dan Diklatsar Banser, namun teman-teman PAC GP Ansor memanfaatkan momentum ini untuk menggelar pelantikan juga," ungkap Ketua PAC GP Ansor Durenan, Mohammad Nurul Izza.

 

Dengan mengusung tema 'Membentuk Kader yang Berkualitas, Inovatif, dan Regeneratif' diharapan kader-kader lulusan PKD dan Diklatsar Banser ini mampu membentuk dan menjaring pemuda agar terlibat dalam kegiatan positif. Serta menjadi promotor di daerahnya dengan bergabung bersama Ansor maupun Banser.

 

"Ketika sudah mendapat sebutan 'kader', maka sudah bukan lagi menjadi penggembira melainkan jadi promotor gerakan yang akan membentuk dan menjaring setiap pemuda yang ada di Trenggalek, khusunya Kecamatan Durenan," harapnya.

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Trenggalek, M Izzuddin Zakki senantiasa mengingatkan peserta PKD dan Diklatsar untuk senantiasa ikhlas. Ikhlas berkhidmat di NU dengan niat mendapat ridla Allah SWT dan ikhlas dalam mengikuti setiap materi,

 

"Karena setiap materi akan membentuk pandangan dan memperkuat gerakan pemuda Ansor. Dan karena Negara Republik Kesatuan Indonesia (NKRI) adalah milik kita, maka kita yang menjaganya. Maka aktif dan turut serta mengawal ideologi bangsa adalah salah satu kontribusi yang dapat kita berikan untuk NKRI ini," ungkapnya.

 

 

Pada pembukaan, acara ini dihadiri oleh Ketua PC GP Ansor Trenggalek, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) kecamatan Durenan, dan Banom NU se kecamatan Durenan.

 

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru