• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Matraman

Mengenal Abdimas, Santri Asal Nganjuk Peraih Juara Murottal MTQ Nasional 2022

Mengenal Abdimas, Santri Asal Nganjuk Peraih Juara Murottal MTQ Nasional 2022
Abdimas Ulumuddin, Juara MTQ golongan Murottal Remaja di ajang MTQ Nasional XXIX tahun 2022. (Foto: NOJ/ Hafidz)
Abdimas Ulumuddin, Juara MTQ golongan Murottal Remaja di ajang MTQ Nasional XXIX tahun 2022. (Foto: NOJ/ Hafidz)

Nganjuk, NU Online Jatim

Kafilah Provinsi Jawa Timur (Jatim) berhasil menorehkan prestasi sebagai juara umum di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX tahun 2022 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Salah satu di antaranya adalah Abdimas Ulumuddin (24), remaja asal Nganjuk ini turut berkontribusi atas raihan juara dua pada MTQ golongan Murottal Remaja Putra.


Abdimas mengaku bahwa kesuksesan yang diraihnya tak lepas dari doa dan dukungan berbagai pihak, terutama para guru pengasuh dan orang tua. Melalui kemampuan yang dimilikinya, ia berharap mampu menjadi katalisator semangat masyarakat untuk belajar, memahami, dan mengamalkan Al-Qur'an.


“Mudah-mudahaan capaian ini belum menjadi puncak dan masih bisa saya tingkatkan lagi,” tutur Santri Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading, Malang tersebut.


Abdimas dan orang tuanya tinggal di sebuah kampung yang tak jauh dari kawasan Gunung Wilis, tepatnya Desa Maguan, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk. Suasana pedesaan yang masih asri, alami, sejuk dan juga nyaman tentu membuatnya lebih konsentrasi dalam belajar.


Dibekali tekad dan semangat yang tinggi, Abdimas mulai belajar tilawah kepada gurunya yaitu Ibu Nyai Miftahul Jannah pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an Al-Faqihiyah Sonopatik, Berbek pada  sekitar tahun 2007.


Ia mengaku kerap mengalami kesulitan pada saat berangkat mengaji sebab harus memakai angkutan umum karena jarak yang relatif jauh.


“Kesulitan yang lain adalah teknologi pada waktu itu belum secanggih sekarang. Dulu kan kalau belajar saya memakai tape recorder. Alhamdulillah, sampai sekarang saya masih ngaji di sana,” terang Mahasiswa Universitas Negeri Malang tersebut, jUMAT (21/10/2022).


Pengalaman dan kesan mendalam yang dirasakan Abdimas selama mengikuti kejuaraan MTQ Nasional adalah pertemuannya dengan KH Ahsin Sakho Muhammad yang merupakan pengasuh Pesantren Dar al Qur`an Kebonbaru Arjawinangun Cirebon sekaligus salah satu pakar Qira’ah Sab’ah Indonesia saat ini.


“Alhamdulillah saya dapat pembinaan dari beliau, Prof Kiai Ahsin. Meski tak lama, tapi itu sangat berarti bagi saya,” jelasnya.


Terpisah, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk, KH M Hasyim Afandi, melalui keterangannya memberikan apresiasi sekaligus bangga atas capaian Abdimas yang telah membawa nama Jatim khususnya Kabupaten Nganjuk di kancah Nasional.


“Semoga terus berprestasi untuk keluarga dan Kabupaten Nganjuk,” pungkasnya.


Editor:

Matraman Terbaru