• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Matraman

NU Magetan Gelar Orientasi Perilaku Hidup Sehat di Pesantren

NU Magetan Gelar Orientasi Perilaku Hidup Sehat di Pesantren
NU Magetan menggelar orientasi perilaku hidup sehat di pesantren. (Foto: NOJ/Zainal Abidin)
NU Magetan menggelar orientasi perilaku hidup sehat di pesantren. (Foto: NOJ/Zainal Abidin)

Magetan, NU Online Jatim
Tekad Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Magetan dalam meningkatkan kualitas kesehatan pesantren terus dilakukan. Kali ini dengan menggandeng Lembaga Kesehatan (LK) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar sosialisasi pesantren sehat dalam pencegahan tuberculosis (TBC). 

 

“Tujuan program ini adanya pemberdayaan perilaku hidup bersih dan sehat yang mana kita singkat dengan PHBS,” kata Toto Aprijanto, Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Sabtu (11/09/2021).
.

Dirinya bangga karena di masa pandemi terjadi perubahan perilaku dalam masyarakat dengan sukarela, yang antara lain berkat bantuan tokoh idola, termasuk ulama.


“Harapannya tidak konsen di pandemi ini saja, karena ada beberapa penyakit yang tetap harus dihindari di pesantren, salah satunya adalah TBC karena bakterinya hampir sama dengan Covid-19 dan penularan sama yakni adanya kerumunan dan mobilitas tinggi,” terangnya.


Dirinya berharap dengan adanya adaptasi baru karena Covid-19 bisa mengurangi penyebaran TBC di pondok pesantren.

 

Sedangkan KH Mansur Abdullah selaku Ketua PCNU Magetan menyampaikan terima kasih kepada LK PBNU dan dinas kesehatan setempat. 

 

“Alhamdulillah dalam kondisi seperti ini kita bisa melaksanakan program pesantren sehat,” katanya. 

 

Harapannya dengan program ini bisa melaksanakan pola hidup sehat di pesantren. Juga mengurangi angka penyebaran Covid-19 maupun TBC.

 

“Harapan kami peserta orientasi pencegahan TBC mengikuti dengan seksama dan bisa menerapkan ilmu di pesantren maupun di masyarakat sekitar,” ujarnya.


Kegiatan dilaksanakan dua hari, yaitu Sabtu hingga Ahad (11-12/09/2021) di gedung Korpri Magetan Jl. Basuki Rahmad Selatan, dusun dan kecamatan Magetan. 

 

Progam diawali orientasi peserta peningkatan kapasitas pemberdayaan masyarakat pesantren. Mereka sebanyak 20 peserta yang merupakan perwakilan 5 pesantren dan puskesmas. Sedangkan pemateri adalah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan.

 

Penulis: Zainal Abidin
Editor: Syaifullah


Editor:

Matraman Terbaru