• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Matraman

NU Nganjuk Siapkan Ragam Kegiatan Peringati Hari Santri 2021

NU Nganjuk Siapkan Ragam Kegiatan Peringati Hari Santri 2021
Rapat persiapan pelaksanaan peringatan Hari Santri 2021 PCNU Nganjuk. (Foto: NOJ/ Juni Iswanto)
Rapat persiapan pelaksanaan peringatan Hari Santri 2021 PCNU Nganjuk. (Foto: NOJ/ Juni Iswanto)

Nganjuk, NU Online Jatim

Serangkaian kegiatan tengah disiapkan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk untuk memperingati Hari Santri 2021 yang jatuh pada 22 Oktober mendatang.

 

Ketua Panitia Hari Santri PCNU Nganjuk, Subhan Aburizal menyampaikan, bahwa ada dua jenis acara yang akan digelar, yakni perlombaan dan kegiatan.

 

“Ada delapan perlombaan yang bakal digelar bagi santri dan masyarakat umum. Di antaranya, lomba tahlil untuk anak-anak, lomba pidato, lomba poster, lomba baca kitab dan lain-lain,” ungkapnya Ahad (26/09/2021) malam di Kantor PCNU setempat.

 

Sementara agenda kegiatan yang bakal digelar meliputi, tahlil akbar, pementasan drama sejarah hari santri, dan pengajian umum. “Seluruh kegiatan tersebut akan diumumkan pada saat peluncuran Hari Santri PCNU Nganjuk tanggal 01 Oktober nanti,” terang Subhan.

 

PCNU Nganjuk, lanjut Subhan, rencananya juga akan menampilkan pementasan drama kolosal ‘Sejarah Resolusi Jihad NU’. Pentas ini akan dilaksanakan oleh Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU Nganjuk.

 

“Salah satu puncak peringatan hari santri akan dilakukan upacara bendera pada 22 Oktober 2021, bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk,” imbuhnya.

 

Alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga ini menambahkan, kegiatan yang digelar tersebut tetap akan mematuhi protokol kesehatan, mengingat sedang di tengah suasana pandemi.

 

Untuk kegiatan yang dilakukan secara offline, panitia sudah menyiapkan prokes ketat. “Kegiatan yang bisa memungkinkan bisa dilakukan secara online, ya kita lakukan secara online,” tambahnya.

 

Disampaikan Subhan, pemanfaatan media digital khususnya media sosial saat ini memegang peranan penting dalam syiar Hari Santri. Oleh karenanya, kegiatan-kegiatan offline yang akan digelar di Hari Santri 2021 ini juga akan terus didokumentasikan melalui media sosial agar diketahui masyarakat secara luas.

 

 

“Untuk kegiatan yang offline, akan dipublikasikan melalui media milik PCNU Nganjuk dengan menayangkannya secara langsung dari lokasi kegiatan,” pungkasnya.

 

Penulis: Hafidz Yusuf


Matraman Terbaru