• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Matraman

LP Ma'arif NU Nganjuk Bakal Luncurkan Sistem Jurnal Online

LP Ma'arif NU Nganjuk Bakal Luncurkan Sistem Jurnal Online
Yuni Masrifatin, Pengurus PC LP Ma’arif NU Nganjuk saat menyampaikan perihal Sistem Jurnal Online. (Foto: NOJ/ Hafidz Yusuf)
Yuni Masrifatin, Pengurus PC LP Ma’arif NU Nganjuk saat menyampaikan perihal Sistem Jurnal Online. (Foto: NOJ/ Hafidz Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Nganjuk segera meluncurkan Online Jurnal System (OJS) atau Sistem Jurnal Online. Hal ini dilakukan sebagai wadah dalam menampung pemikiran dan penelitian dosen yang pada akhirnya dapat dijadikan bahan rujukan bagi insan pendidikan.

 

Pengurus PC LP Ma’arif NU Nganjuk, Yuni Masrifatin menyampaikan saat ini pihaknya tengah merampungkan wadah untuk publikasi jurnal secara online yang dapat diakses kapan saja.

 

“Kami kenalkan Online Jurnal System (OJS) dengan nama ‘Talenta Ma’arif milik LP Ma’arif NU Nganjuk,” ujarnya saat peringatan Hari Lahir LP Ma’arif NU ke-92 yang dipusatkan di SMA Diponegoro, Nganjuk, Selasa (21/09/2021).

 

Ia mengatakan, OJS Talenta Ma’arif  sengaja dibuat untuk membantu publikasi hasil penelitian mahasiswa dan dosen agar bisa tersampaikan ke masyarakat luas. Menurutnya, jurnal yang dikelola oleh LP Ma’arif NU Nganjuk ini akan fokus pada pengembangan ilmu pendidikan.

 

“Terobosan baru ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam perkembangan di dunia pendidikan,” tutur alumnus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung ini.

 

Dosen STAI Miftahul Ula Nganjuk ini menjelaskan, pihaknya  sudah menyiapkan tim dan reviewer jurnal dari kalangan akademisi profesional. Ia pun mengajak para insan pendidikan dari kalangan Nahdliyin, utamanya para guru yang menjadi anggota LP Ma’arif, agar lebih familiar dengan metodologi penelitian.

 

“Mengingat, jurnal yang diterbitkan nantinya juga bisa menjadi refrensi atau bahan rujukan bagi para insan pendidikan dan pihak berkepentingan lainnya,” pungkanya.

 

Penulis: Hafidz Yusuf

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru