• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Matraman

Peduli Ekonomi Anggota, Fatayat NU Jombang Adakan Pelatihan Pengolahan Makanan

Peduli Ekonomi Anggota, Fatayat NU Jombang Adakan Pelatihan Pengolahan Makanan
Pelatihan makanan olahan PC Fatayat NU Jombang. (Foto: NOJ/HB)
Pelatihan makanan olahan PC Fatayat NU Jombang. (Foto: NOJ/HB)

Jombang, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 yang ada saat ini turut berdampak pada sektor ekonomi masyarakat. Ancaman krisis ekonomi membuat Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Jombang harus memutar otak untuk menjaga ketahanan ekonomi dan pangan para anggotanya.

 

Pada Selasa 27/10/2020 PC Fatayat NU Kabupaten Jombang mengadakan pelatihan pembuatan makanan olahan di Pendopo Kecataman Gudo, Jombang. Kegiatan ini diadakan untuk membantu para anggotanya menambah pendapatan keluarga.

 

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu menjaga ketahanan ekonomi para anggota. Dan sebagai upaya untuk membantu para suami-suami mereka,” ungkap Ketua PC Fatayat NU Jombang, Lailatun Ni’mah.

 

Perempuan yang akrab disapa Ning Eli ini juga mengungkapkan bahwa materi pembuatan makanan olahan ini relatif mudah .

 

“Materi pengolahan makanan yang diberikan sangat simple dan bisa dikerjakan oleh siapapun,” lanjutnya.

 

Ia berharap nantinya produk makanan olahan ini bisa dipasarkan melalui media sosial. Dan kegiatan semacam ini bisa digelar secara berkelanjutan di kecamatan-kecamatan se-Kabupaten Jombang.

 

“Produk makanan olahan ini bisa dipasarkan secara online, agar produk kami dikenal oleh masyarakat umum. Dan kami berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, namun bisa diselenggarakan oleh pengurus dan anggota Fatayat NU di kecamatan-kecamatan lain,” harapnya.

 

Pelatihan pembuatan makanan olahan ini dibimbing langsung oleh Ahmad Muzaki yang merupakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dirinya memberikan pelatihan pengolahan tahu bakso.

 

“Kami berharap, tahu bakso dari produksi Fatayat NU Jombang ini bisa lebih memasyarakat. Artinya, masyarakat bisa memulai usaha dengan menjual produk ini, jadi perekonomian masyarakat bisa terbantu,” terang Ahmad Muzaki.

 

Pada kesempatan yang sama, salah satu peserta pelatihan yang bernama Anik Qoirul Ummah menuturkan, bahwa pelatihan ini memberikan dampak yang positif bagi perekonomian keluarga.

 

“Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki ekonomi keluarga. Mengingat suami kita ada yang dirumahkan dari pekerjaannya, di-PHK, bahkan ada yang tidak bekerja,” jelasnya.

 

Ia menambahkan, dalam kesehariannya ia melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa menghasilkan pemasukan bagi ekonomi keluarga. Sehingga pelatihan seperti ini sangat bermanfaat.

 

“Saya sendiri dan sahabat-sahabat yang lain sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena memang sahabat-sahabat menginginkan pelatihan semacam ini agar tidak jenuh di rumah,” pungkasnya.


Matraman Terbaru