• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Matraman

Pelajar NU Kutorejo Mojokerto Diajari Cakap Bersidang

Pelajar NU Kutorejo Mojokerto Diajari Cakap Bersidang
Pelajar NU Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, mengikuti kegiatan Sipalu Sidang. (Foto: NOJ/Yulia Novita Hanum)
Pelajar NU Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, mengikuti kegiatan Sipalu Sidang. (Foto: NOJ/Yulia Novita Hanum)

Mojokerto, NU Online Jatim

Pelajar NU Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, diajari cakap dalam mengikuti persidangan di acara Sinau Pemahaman dan Alur Persidangan (Sipalu Sidang) yang digelar Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar NU dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU) kecamatan setempat pada Ahad (06/03/2022).


Dipusatkan di kantor MWCNU Kutorejo, kegiatan tersebut bertema Sidang Berkualitas Melahirkan Keputusan Berintegritas. Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 peserta perwakilan dari Ranting IPNU-IPPNU se Kecamatan Kutorejo dan lima utusan dari luar IPNU-IPPNU.


M Bagus Sulaiman, Ketua PC IPNU Kabupaten Mojokerto, menyampaikan, pelatihan persidangan ini tujuannya adalah agar para kader IPNU-IPPNU berani berbicara dan menyampaikan pendapat di muka sidang, seperti di momen konferensi.


“Nah, kalian di situ dituntut untuk berani berbicara. Jangan pernah menyesal menjadi kader IPNU-IPPNU, pasti ke depannya akan sukses,” katanya.


Menurut Bagus, IPNU-IPPNU akan mengalami beberapa fase di setiap periodenya. “Hari ini kalian terjadi di mana tuntutan seorang pemimpin atau pasukannya terbayang-bayang oleh periode sebelumnya. Tuntutannya kalian harus mendapatkan prestasi yang lebih baik,” ujarnya.


Sementara itu, Bagus Amirudin, Pembina PAC IPNU Kecamatan Kutorejo, sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus periode 2021-2023 dengan terselenggaranya Sipalu Sidang, karena berawal dari sini menumbuhkan kader hebat yang akan menjadi petarung di dalam forum.


“Kita tahu sendiri bahwa kelemahan kita adalah tidak berani menyuarakan ketika hadir di dalam forum,” ungkapnya.


M Amiril Mukminin, Ketua PAC IPNU Kutorejo, menambahkan, Sipalu Sidang merupakan program kerja dari Departemen Pengembangan Organisasi (DPO) PAC IPNU-IPPNU yang bertujuan untuk meningkatan kualitas agar lebih memahami sidang.


“Bagaimana cara memimpin sidang yang baik, menjadi peserta yang baik, tapi akan ada beberapa cara agar bisa publik speaking yang baik di mana agar peserta memahami apa yang kita sampaikan. Jangan terlalu banyak teori, yang penting itu aksinya,” katanya.


Matraman Terbaru