• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Matraman

Pengkaderan Jadi Fokus Utama IPNU-IPPNU Trenggalek Usai Dilantik

Pengkaderan Jadi Fokus Utama IPNU-IPPNU Trenggalek Usai Dilantik
Prosesi pelantikan PC IPNU-IPPNU Trenggalek masa khidmat 2023-2025 di Pendapa Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Sabtu (25/11/2023). (Foto: NOJ/ Anisa Apriliyani)
Prosesi pelantikan PC IPNU-IPPNU Trenggalek masa khidmat 2023-2025 di Pendapa Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Sabtu (25/11/2023). (Foto: NOJ/ Anisa Apriliyani)

Trenggalek, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Trenggalek telah resmi dilantik. Pelantikan bertajuk ‘Revolusi for Regrowth’ ini dipusatkan di Pendapa Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Sabtu (25/11/2023).

 

Prosesi pelantikan pengurus baru PC IPNU-IPPNU Trenggalek masa khidmat 2023-2025 dilakukan langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jatim M Fakhrul Irfansyah dan Ketua PW IPPNU Jatim Aisyah Nur Afifah.

 

Dalam acara itu, Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek KH Muhammad Nasron menyampaikan bahwa pengkaderan hendaknya jadi fokus utama kepengurusan yang baru. Hal demikian penting karena kemajuan bangsa ada di pundak kader IPNU-IPPNU.

 

"Wajib dalam periode ini terbentuk kepengurusan IPNU-IPPNU di 152 desa dan 7 kelurahan. Begitu pula di tingkat komisariat, lembaga pendidikan di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) baik pondok pesantren maupun pendidikan formal harus terbentuk kepengurusan IPNU-IPPNU,” ujarnya.

 

Penegasan itu disambut baik oleh Ketua PC IPNU Trenggalek, Yusril Ridwan Abdul Malik. Saat sambutan ia menyebutkan bahwa di masa kepemimpinannya IPNU-IPPNU akan back to school atau kembali ke sekolah dengan melakukan pendirian Pimpinan Komisariat (PK) IPNU-IPPNU.

 

"Bagaimana supaya IPNU-IPPNU bisa masuk ke sekolah-sekolah, bukan hanya sekolah di bawah naungan LP Ma'arif NU, tetapi juga di sekolah lain baik negeri maupun swasta,” ungkapnya

 

Alumnus Universitas Terbuka itu kemudian menjelaskan perihal tema yang diambil pada momen pelantikan, yakni ‘Revolusi for Regrowth’ yang bermakna perubahan untuk pertumbuhan kembali. Menurutnya, tema itu menjadi basis Gerakan awal IPNU-IPPNU Trenggalek masa khidmat 2023-2025.

 

"Sesuai dengan hasil Kongres IPNU 2022, usia IPNU diturunkan yang awalnya 13-27 tahun menjadi 13-24 tahun. PC IPNU Kabupaten Trenggalek saat ini 90 persen adalah pengurus baru yang kami sesuaikan dengan hasil Kongres 2022,” terang Yusril.

 

Di akhir sambutan, Yusril mengajak seluruh pengurus PC IPNU-IPPNU Trenggalek agar bersama-sama saling bahu membahu dalam membangun organisasi. “Mari kita bergandengan tangan membangun IPNU-IPPNU menuju yang lebih baik dan mengawal seluruh pelajar di Trenggalek,” pungkasnya.

 

Penulis: Anisa Apriliyani


Matraman Terbaru