• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 11 Agustus 2022

Matraman

Penyuluh Agama Islam se-Kabupaten Pacitan Dibekali Pentingnya Moderasi Beragama

Penyuluh Agama Islam se-Kabupaten Pacitan Dibekali Pentingnya Moderasi Beragama
Suasana kegiatan Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam se-Kabupaten Pacitan. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)
Suasana kegiatan Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam se-Kabupaten Pacitan. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)

Pacitan, NU Online Jatim

Penyuluh Agama se-Kabupaten Pacitan melaksanakan kegiatan ‘Penguatan Moderasi Beragama’ yang berlangsung di Rumah Makan Sehat Jalur Lintas Selatan (JLS), Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan pada Kamis pagi (16/06/2022).


Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan, Mutongin mengatakan bahwa kegiatan yang diikuti oleh 6 penyuluh agama fungsional dan 95 penyuluh Agama Islam non Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini bertujuan untuk menanamkan pemahaman agama yang moderat kepada seluruh penyuluh Agama Islam. 


“Kementerian Agama harus tampil di depan dalam hal moderasi beragama. Pemahaman agama yang moderat perlu diyakini dan dijalankan oleh masing-masing penyuluh Agama Islam. Inilah yang melatarbelakangi terselenggaranya acara ini,” ujarnya.


Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan, Moh Nasim menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. Ia menegaskan bahwa moderasi beragama merupakan program utama Kementerian Agama. 


“Moderasi Beragama sangat urgen, tidak hanya baik dalam kehidupan beragama. Namun juga baik untuk kehidupan masyarakat,” terangnya.


Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa penyuluh Agama Islam diharapkan mampu memahami Islam secara komprehensif dengan selalu belajar dan menyampaikan dakwah dengan benar.


“Penyuluh Agama Islam diharapkan selalu belajar dan belajar. Dalam menyampaikan dakwahnya jangan sampai menjadikan provokasi, sehingga menimbulkan perpecahan sesama umat islam,” pungkasnya.


Turut hadir dalam acara ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag), Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Pacitan, jajaran Kasi, dan pemateri dari Widya Swara Surabaya, Solehuddin dan Siti Zubaidah.


Editor:

Matraman Terbaru