• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Madura

Penguatan Ranting Jadi Fokus Pembahasan Muskercab NU Sumenep

Penguatan Ranting Jadi Fokus Pembahasan Muskercab NU Sumenep
Kantor PCNU Sumenep. (Foto: NOJ/ M Khairussadiqin)
Kantor PCNU Sumenep. (Foto: NOJ/ M Khairussadiqin)

Sumenep, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep akan melaksanakan Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab). Penguatan ranting NU akan menjadi focus pembahasan dalam forum ini.


Forum permusyawaratan tertinggi setelah Konferensi Cabang (Konfercab) ini akan berlangsung di Pondok Pesantren Tarate Selatan, Pandian, Kabupaten Sumenep, Ahad (19/06/2022).


Zainul Hasan, Ketua Pelaksana Muskercab PCNU Sumenep mengatakan, perihal persiapan dirinya menyebut telah rampung. Bahkan, susunan acara yang akan berlangsung telah ditentukan.


"Secara keseluruhan insyaallah sudah siap semua," ujarnya kepada NU Online Jatim, Kamis (16/06/2022).


Dalam Muskercab kali ini PCNU Sumenep akan fokus pada Penguatan Ranting sesuai dengan amanat Konfercab NU Sumenep pada tahun 2020 lalu.


Menurutnya, selama ini kekuatan NU tidak hanya di struktur melainkan juga di kulturnya. Hal itu perlu untuk terus dikonsolidasi, sehingga diharapkan nanti bisa seirama dan seiring dalam memperkuat kelembagaan di tubuh NU.


"Kita ingin gerakan ini menjadi gerakan bersama, baik oleh struktur NU di semua tingkatan (jamiyah) maupun oleh kultur NU di berbagai wilayah (jamaah)," ucap Sekretaris PCNU Sumenep itu.


Ia berharap, semua pengurus NU yang diundang bisa hadir di acara ini. Menurutnya, di forum tersebut, selain akan melakukan evaluasi dan refleksi atas perjalanan PCNU Sumenep dari tahun 2020 hingga 2022, juga akan membahas persoalan-persoalan penting menyangkut ke-NUan dan Kebangsaan.


"Di forum ini nanti akan mengevaluasi berbagai hal, mulai pelaksanaan program, keorganisasian, kemasyarakatan, kebangsaan dan menetapkannya menjadi kebijakan jamiyah ke depan," jelasnya.


Selain dari internal PCNU Sumenep, acara pembukaan juga mengundang Ketua PWNU Jawa Timur, Forkopimda Sumenep, Pimpinan Pondok Pesantren, serta beberapa Ormas.


Editor:

Madura Terbaru