• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 30 September 2022

Metropolis

Jelang Pilkades Serentak, Ini Pesan PCNU Sidoarjo

Jelang Pilkades Serentak, Ini Pesan PCNU Sidoarjo
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo mengajak Nahdliyin dan masyarakat umum untuk menyambut Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dengan damai dan tentram. Adapun pelaksanaan Pilkades serentak tersebut dijadwalkan pada Ahad (19/06/2022).


Diketahui ada 84 desa yang akan melaksanakan Pilkades secara serentak di berbagai wilayah Kabupaten Sidoarjo. Jumlah pemilih sementara (DPS) sebanyak 323.309 orang dengan 675 Tempat Pemungutan Suara (TPS).


“Untuk itu semua, kami atas nama PCNU Sidoarjo mengimbau kepada beberapa pihak yang terkait dengan Pilkades, yang insyaallah baik pemilih, yang dipilih,  maupun panitia penyelenggara itu anggota atau warga NU. Sehingga kami perlu mengimbau kepada ketiga elemen itu,” ujar Ketua PCNU Sidaorjo, KH Zainal Abidin dalam keterangan tertulisnya kepada NU Online Jatim, Kamis (16/06/2022).


Kepada panitia, PCNU Sidoarjo mengimbau untuk menjalankan amanah sebagai penyelenggara Pilkades dengan professional, jujur, adil dan bermartabat. Serta melayani pemilih dan calon kepala desa sesuai dengan aturan, rasa keadilan serta kebijakan lokal yang berlaku.


“Selalu koordinasi dengan pihak terkait, seperti keamanan, pemerintah dan tokoh-tokoh masyarakat,” terangnya.


Kepada calon kepala desa, PCNU Sidoarjo mengajak untuk mengikuti proses pemilihan dengan semangat membangun desa sesuai aturan yang berlaku. Sampaikan program kerja yang akan dilaksanakan secara menarik dan bisa diakses oleh seluruh warganya.


“Proses pemilihan ini adalah kompetisi, sehingga keniscayaan ada yang terpilih maupun tidak, maka calon secara dzahir maupun bathin dalam menerima semua kondisi harus siap. Prinsip damai harus dijadikan patokan dalam proses pemilihan ini,” jelasnya.


Sementara kepada masyarakat yang mempunyai hak pilih, PCNU Sidoarjo mengajak untuk datang ke TPS sesuai jam yang ditentukan. Mengikuti aturan proses memilih sesuai arahan panitia. Dalam memilih calon diharap sesuai hati nurani, berdasarkan visi-misi calon kepala desa atau program kerja yang sudah disosialisasikan.


“Jaga kedamaian serta ketentreaman baik sebelum Pilkades maupun setelah Pilkades. Jangan terpengaruh atas kekecewaan pihak manapun setelah proses pemilihan,” tandanya.


Editor:

Metropolis Terbaru