• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 2 Desember 2022

Tapal Kuda

Ribuan Warga Kota Probolinggo Lepas Calon Jamaah Haji ke Tanah Suci

Ribuan Warga Kota Probolinggo Lepas Calon Jamaah Haji ke Tanah Suci
Ribuan warga melepas keberangkatan jamaah haji ke tanah suci di halaman Kantor Pemkot Probolinggo. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)
Ribuan warga melepas keberangkatan jamaah haji ke tanah suci di halaman Kantor Pemkot Probolinggo. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)

Probolinggo, NU Online Jatim
Ribuan warga Kota Probolinggo mendatangi halaman Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo, Kamis (16/06/2022). Hal itu dilakukan dalam rangka mengantarkan sekaligus menyaksikan keberangkatan calon jamaah haji (CJH) tahun 2022 ke tanah suci.


Pantauan NU Online Jatim, kedatangan ribuan massa dari berbagai daerah tersebut untuk menyaksikan prosesi pelepasan calon jamaah haji oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin.


Seorang warga asal Kelurahan Jrebeng Wetan Kecamatan Kedopok, Sucipto mengatakan, kedatangannya ke Kantor Pemkot Probolinggo ialah untuk mengantar keluarga yang turut berangkat menunaikan ibadah haji di tahun 2022 ini.


"Alhamdulillah, saya bisa mengantar dan menyaksikan pemberangkat calon jamaah haji. Semoga saya mendapatkan barokahnya dan juga bisa berangkat naik haji juga. Amin," ucapnya.


Dirinya juga berharap, agar keluarga yang berangkat menuju tanah suci diberikan keseharaban untuk keluarga kami tiba ditanah suci dalam keadaan sehat serta kembali lagi ke kampung halaman dengan selamat.


“Saya juga sudah menitipkan doa ketika sampai di Baitullah agar bisa cepat terpanggil naik haji juga,” imbuh Sucipto.


Diketahui, jumlah jamaah haji kloter 20 untuk Kota Probolinggo sebanyak 87 orang, yang terdiri dari laki-laki 40 dan perempuan 47. Mereka menggunakan kendaraan tiga armada bus, yang dikawal satu mobil patwal dan satu mobil ambulans.


​​​​​​​Pelepasan jamaah haji tersebut dilakukan oleh Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin. Ia didampingi Sekda Ninik Ira Wibawati, Kepala Kemenag Kota Probolinggo H Samsur, serta anggota Forkopimda lainnya.


Tapal Kuda Terbaru