• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Tapal Kuda

Meriah, Haul Akbar Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Probolinggo

Meriah, Haul Akbar Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Probolinggo
Suasana haul akbar almarhum KH Ahmad Baidlowi di Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah II Patemon, Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/ Robi)
Suasana haul akbar almarhum KH Ahmad Baidlowi di Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah II Patemon, Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/ Robi)

Probolinggo, NU Online Jatim 
Ribuan alumni, wali santri, simpatisan dan warga dari berbagai daerah datang membanjiri GOR Cabang Pesantren Darul Lughah II di Patemon, Probolinggo, Ahad (29/05/2022). Mereka hadir dalam rangka menyemarakkan haul akbar KH Ahmad Baidlowi dan keluarga besar almarhum.


Selain kegiatan haul akbar, pada kesempatan tersebut juga diselenggarakan halal bihalal Ikatan Santri dan Alumni Pesantren Darul Lughah Wal Karomah (Iksada) Pusat di pesantren setempat.


“Haul ini dilangsungkan demi mengingatkan kita kepada para muassis dan almamater tentunya juga berharap berkah,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah II, KH Mahmud.


Lebih lanjut, dirinya turut mendoakan yang terbaik bagi santri, termasuk di dalamnya adalah para alumni. Bahkan pada kesempatan tersebut dikemukakan bahwa perhatian kepada santri mengalahkan keluarganya sendiri.


“Saya lebih mendoakan santri daripada anak sendiri di baitullah. Biar Allah yang mengurus anak-anak saya ke depan," katanya.


Di samping itu, Kiai Mahmud berpesan agar para santri, alumni dan  simpatisan agar kompak. Baginya, kebersamaan tersebut lebih membanggakan.


"Ada di antara alumni yang menjadi tokoh dan dengan bangga mengaku sebagai jebolan Darul Lughah, demikian  pula mereka yang bertebaran di berbagai wilayah dengan beragam profesi,” ungkapnya.


Secara khusus, MKiai ahmud menceritakan alumni yang tengah menempuh studi di Yaman. Yang menonjol dari yang bersangkutan adalah memiliki hafalan yang demikian membanggakan.


“Besarnya sebuah pesantren tergantung kepada alumni dan kekompakan yang ditunjukkan,” kata KH Sholeh Isnaini selaku Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksan saat sambutan.


Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pesantren ini karena telah memborong juara lomba baca kitab kuning tingkat kabupaten. Dengan demikian, lantaran lokasi pesantren di kawasan Kraksaan, maka turut memberikan kebanggaan atas prestasi yang diraih.


"Kami mengucapkan terima kasih karena santri di pesantren ini telah mewarnai dan mengharumkan PCNU Kota Kraksaan," ucapnya.


Meski haul akbar dan halal bihalal digelar terbuka, kegiatan berlangsung tertib dan khidmat. 


Penulis: Robi Zidni Ilman 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru