• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Tapal Kuda

LAZISNU Jatim Bantu Perabotan Rumah Tangga bagi Penyintas APG Semeru

LAZISNU Jatim Bantu Perabotan Rumah Tangga bagi Penyintas APG Semeru
NU care-LAZISNU Jatim membantu perabotan rumah tangga bagi penyintas APG Semeru. (Foto: NOJ/ Dok. LAZISNU Jatim)
NU care-LAZISNU Jatim membantu perabotan rumah tangga bagi penyintas APG Semeru. (Foto: NOJ/ Dok. LAZISNU Jatim)

Lumajang, NU Online Jatim
NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jatim mendistribusikan bantuan parabotan rumah tangga bagi penyintas awan guguran panas (APG) Gunung Semeru. Hal itu dilakukan karena sebagian penyintas telah menempati rumah Hunian Sementara (Huntara) dan Hunian Tetap (Huntap) di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Lumajang.


Direktur NU Care-LAZISNU Jatim Moch Rofii Boenawi mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan kitabisa.com untuk membantu perabotan rumah bagi penyintas APG Semeru. Mengingat, sekitar 2000 rumah yang dibangun pemerintah bersama lembaga sosial masyarakat dalam kondisi kosong.


“Untuk memenuhi kebutuhan dalam rumah itu, NU Care-LAZISNU Jatim bersama kitabisa.com memberikan bantuan. Bantuan sementara ini kami berikan kepada 135 warga yang sudah menempati rumah baru mereka,” katanya, Rabu (15/06/2022).


Rofii Boenawi mengatakan, bantuan yang diberikan berupa perlengkapan dapur, yaitu kompor dua tungku dan perlengkapan rumah satu set lemari. Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan perlengkapan shalat berupa sarung atau mukena.


“Untuk memenuhi kebutuhan awal, kami juga memberikan paket sembako bagi para penyintas,” ungkap Rofii Boenawi.


Alumnus Pesantren Al Khoziny Sidoarjo ini mengatakan, bantuan tidak hanya diberikan kepada 135 warga saja. Ke depan pihaknya akan terus menggalang donasi untuk memberikan bantuan perabotan rumah tangga bagi penyintas APG Gunung Semeru yang telah menempati rumah.


“Jika masyarakat sudah menempati, kami akan melakukan pendataan dan memberikan bantuan yang menjadi kebutuhan masyarakat,” tuturnya.


Sementara Tulus Sulilowati, salah satu penerima manfaat mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh NU Care-LAZISNU Jatim. “Kami begitu gembira dengan diberi kompor dua tungku ini,” kata Sulilowati.


Tapal Kuda Terbaru