• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Metropolis

Tekad Asnuter NU Sidoarjo Perkuat Aswaja di Sekolah Negeri

Tekad Asnuter NU Sidoarjo Perkuat Aswaja di Sekolah Negeri
Pelantikan pengurus dan raker I Aswaja NU Center PCNU Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Pelantikan pengurus dan raker I Aswaja NU Center PCNU Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Mojokerto, NU Online Jatim
Pengurus Cabang (PC) Aswaja NU Center (Asnuter) Kabupaten Sidoarjo masa khidmat 2021-2026 resmi dikukuhkan. Kegiatan dikemas dalam acara rapat kerja (raker) I yang dilangsungkan di Villa H Saiful Munir, Pacet, Mojokerto, Sabtu-Ahad (04-05/06/2022).


Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, KH Zainal Abidin mengingatkan agar memperkuat dan menyebarkan akidah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja). Dan hal tersebut harus dilakukan secara masif dan lebih bersungguh-sungguh.


“Sebab akidah Islam Awaja an-Nahdliyah ini sangat cocok dengan Indonesia, terutama di Kabupaten Sidoarjo. Aswaja ala NU selalu cinta damai, penuh toleran, saling menguatkan, membangun dan tidak radikal,” katanya.


Sementara itu, Ketua Asnuter PCNU Sidoarjo, Ustadz K Erlandus Luqman Hakim menyadari sebagai lembaga baru di PCNU Sidoarjo. Namun demikian pengurus sudah memahami tupoksi dan bidang garap yang diamanatkan. Yaitu memperkuat ajaran Islam Aswaja an-Nahdliyah di segala lini.


“Terutama di lembaga-lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta, agama maupun non agama, dari TK hingga perguruan tinggi,” katanya. 


Namun perhatian akan lebih banyak dicurahkan ke sekolah-sekolah negeri non agama. Karena menurut penelitian BNPT, paham radikal banyak berasal dari sekolah-sekolah negeri favorit non agama.


Lebih lanjut, Ustadz Luqman mengungkapkan, pihaknya sangat bersyukur telah menemukan mitra dakwah yang tepat. Yakni Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sidoarjo, H Tirto Adi yang juga selaku Panasihat Asnuter PCNU Sidoarjo.


“Beliau memberikan lampu hijau untuk program Asnuter yang akan masuk ke sekolah-sekolah negeri di Sidoarjo dalam rangka penguatan Islam Aswaja yang ramah, moderat dan toleran,” katanya. 


Tidak hanya itu, Dikbud Sidoarjo juga akan memfasilitasi program Asnuter yang berkaitan dengan pengembangan literasi di kalangan pelajar dan santri di kawasan Sidoarjo.


Dijelaskannya, banyak program kerja yang dihasilkan dalam raker lembaganya tersebut, di antaranya pembuatan buletin Jumat yang disebarkan ke masjid-masjid se-Kabupaten Sidoarjo. Juga penyusunan kurikulum dan penyediaan tenaga pengajar di sejumlah sekolah.


“Kemudian kami akan membuat podcast rutin tentang Aswaja, penggalian sejarah penyebaran Islam di Bumi Delta Sidoarjo, penyediaan call center Aswaja, serta program lainnya,” pungkasnya.


Pengukuhan dihadiri Wakil Rais PCNU Sidoarjo KH Kholili dan Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainal Abidin. Tampak hadir pula H Ng Tirto Adi, segenap pengurus Asnuter PCNU Sidoarjo serta tamu undangan.


Editor:

Metropolis Terbaru