• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Metropolis

Ansor Sidoarjo Dukung Rencana Bupati Gelar Liga Kampung

Ansor Sidoarjo Dukung Rencana Bupati Gelar Liga Kampung
Pertandingan Bola antar Desa di Sidoarjo (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Pertandingan Bola antar Desa di Sidoarjo (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Sekretaris Bidang Budaya dan Olahraga Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sidoarjo, Endik kristiawan menyatakan bahwa pihaknya mendukung penuh rencana Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali terkait rencana penyelenggaraan Liga Kampung se-Sidoarjo.


 Menurut Endik, selain dalam ranah kegiatan keagamaan, Ansor Sidoarjo juga akan mendukung kegiatan kepemudaan di bidang seni budaya dan olahraga.


“Saya kira momennya ini sangat pas ya, karena mendekatai Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI). Jadi kita usung saja Liga Kampung menyongsong HUT RI,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Jumat (03/06/2022) malam.


Endik memberi saran supaya saat pembukaan, Bupati Sidoarjo mengundang pemain nasional atau mantan pemain nasional yang ada di sekitar Sidoarjo. Endik lantas menyebut nama Uston Nawawi, yang pernah membela Tim Nasional (Timnas) selama tujuh tahun untuk menyemarakkan event tersebut.


“Atau mungkin diberi nama Liga Silaturrahim juga bagus. Insyallah PC Ansor bidang Seni Budaya dan Olahraga siap membantu dan mensukseskan. Banser juga bisa kita ajak untuk bertugas mengamankan,” pungkasnya.


Gus Muhdlor meminta usulan terkait keinginannya untuk membuat Liga Kampung se-Sidoarjo. Disebutkan, dirinya telah menyusun skema dan akan melibatkan pihak terkait.


“Ada yang untuk hiburan, misalnya usia 40 tahun ke atas. Ada pula untuk tujuan prestasi dan pembinaan, misalnya antar Sekolah Sepak Bola (SSB),” tulis Gus Muhdlor di akun Instagram pribadinya @ahmadmuhdlorali Jumat (03/06/2022) siang.


Terkait konsep, Gus Muhdlor akan memadukan tiga hal. Pertama olahraga itu sendiri. Kedua menggerakkan ekonomi rakyat. Di sekitar lapangan perlu disemarakkan pedagang kecil, sehingga ajang ini sekaligus menjadi pesta rakyat dan ada transaksi ekonomi yang berputar.


Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) akan menjadi sehat dan menguntungkan.


“Ketiga hiburan, ada unsur entertainment. Ada hiburan musik dan seni lainnya seperti hadrah dan tari untuk memberdayakan pelaku seni. Masyarakat pun bisa bergembira bersama. Ujung-ujungnya masyarakat sehat, ekonomi melesat, kerukunan kian rekat,” pungkasnya.


Editor:

Metropolis Terbaru