• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Metropolis

Lantik MWCNU Kota Sidoarjo, KH Zainal Abidin Pesankan Kemandirian

Lantik MWCNU Kota Sidoarjo, KH Zainal Abidin Pesankan Kemandirian
KH R Abdussalam Mujib saat memberikan SK MWCNU Sidoarjo kota (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
KH R Abdussalam Mujib saat memberikan SK MWCNU Sidoarjo kota (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo pada Ahad (05/06/2022) melantik Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kota Sidoarjo di Masjid KH Mukmin. Pelantikan dihadiri Rais Syuriyah PCNU, KH R Abdussalam Mujib.


Ketua PCNU Sidoarjo, KH Zainal Abidin dalam sambutannya menyampikan bahwa momentum pelantikan mempunyai makna penting. Yakni mengingatkan motivasi dalam berjuang di organisasi yang didirikan oleh KH M Hasyim Asy’ari ini dengan sungguh-sungguh, maksimal dan ikhlas.


“Seluruh MWCNU di Sidoarjo, termasuk Kota Sidoarjo ini harus berusaha mewujudkan kemandirian NU. Salah satu caranya adalah dengan memperkuat Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah atau LAZISNU,” katanya. Bisa juga bersinergi atau kolaborasi dengan unsur pemerintah kecamatan hingga desa, lanjutnya.


Alumni Pondok Pesantren Al-Khoziny Buduran, Sidoarjo itu juga menekankan akan pentingnya selalu waspada. Termasuk dengan pergerakan kelompok-kelompok yang tidak suka dengan NU dan bangsa Indonesia, khususnya  di wilayah Kota Sidoarjo.


“Oleh karena itu kami berpesan untuk MWCNU Kota Sidoarjo untuk menyiapkan strategi-strategi yang jitu untuk menangkal pergerakan-pergerakan mereka di lingkungan setempat,” terangnya.
Sementara Ketua MWCNU Sidoarjo Kota,  H Abdul Roqib Ma’some menyampaikan respons atas sambutan PCNU dan akan mengarap pemberdayaan ekonomi untuk kemandirian NU menjelang 1 abad NU. Disebutkan akan  mengoptimalkan semua lembaga yang ada.


“Kita bersinergi dan berkolaborasi dengan semua badan otonom NU dalam pelaksanaan program kami yakin MWCNU Kota Sidoarjo mampu untuk menjadi organisasi yang mandiri.  Yang meniadi prioritas utama adalah LAZISNU dan lembaga perekonomian,” ucapnya.


Dirinya yakin, MWCNU Kota Sidoarjo akan menjadi mandiri baik dari sisi ekonomi dan sosial kemasyarakatan. Sementara untuk menangkal aliran-aliran di luar NU, akan terus menghidupkan amaliah NU terlebih di mushala dan masjid yang berada di kawasan perumahan.


“Kita isi dengan pengajian-pengajian dari dai yang ada di lembaga ta’mir masjid dan lembaga dakwah. Kita juga akan memfasilitasi untuk menjadi nadzir NU baik mushala dan masjid di perumahan,” pungkasnya.


Hadir dalam acara ini wakil rais, KH Abdy Manaf Sholeh dan wakil katib, M Aris Karomy. Sementara dari tanfidziyah tampak wakil ketua, KH Zainal Hayat, sekretaris H Agus Mahbub Ubaidillah dan wakil sekretaris, Doddy Diyauddin.
 


Editor:

Metropolis Terbaru