• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

Ansor di Sidoarjo Dilantik, Diingatkan Peran dan Kontribusi Organisasi

Ansor di Sidoarjo Dilantik, Diingatkan Peran dan Kontribusi Organisasi
Penyerahan SK oleh Ketua PC GP Ansor kepada Ketua PAC GP Ansor Tanggulangin saat pelantikan. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Penyerahan SK oleh Ketua PC GP Ansor kepada Ketua PAC GP Ansor Tanggulangin saat pelantikan. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Tanggulangin, Sidoarjo menggelar pelantikan pengurus pada Sabtu (04/06/2022) malam. Pada kegiatan yang dipusatkan di Institut Pesantren KH Abdul Chalim (Ikhac) Pacet, Mojokerto itu mereka diingatkan peran organisasi.


Dalam sambutannya, Ketua PC GP Ansor Sidoarjo H Rizza Ali Faizin mengingatkan terkait peran organisasi agar dapat bermanfaat untuk masyarakat. Peran tersebut menurutnya menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus dilakukan oleh Ansor Tanggulangin selama dua tahun ke depan.


“Hal penting yang perlu dilakukan ialah bagaimana Ansor ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Bagaimana agar masyarakat Tanggulangin dengan adanya Ansor dan Banser itu bahagia. Dirindukan program-programnya. Itu yang harus dipenuhi,” ujarnya.


Dirinya menceritakan, bahwa pihaknya pernah melakukan kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo terkait pencegahan penyakit Demam Berdarah (DBD).


“Di mana kala itu dua kecamatan di Sidoarjo sebelumnya kasus DBD cukup tinggi,” ujar pria yang juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sidoarjo itu.


Riza pun mengingatkan kepada seluruh kader untuk tidak banyak terlibat dalam persoalan-persoalan yang ada di desa. Namun, sebaliknya hendaknya mampu melihat potensi-potensi di setiap desa agar nantinya dapat dimanfaatkan.


“Saya yakin tiap-tiap desa memiliki potensi yang berbeda-beda. Ini tugas PAC Ansor untuk melihatnya, dan kemudian merumuskan program kerja yang cocok,” terangnya.


Terkait kaderisasi, Riza mengapresiasi atas yang dilakukan oleh PAC GP Ansor Tanggulangin. Pihaknya mengaku kaderisasi di Tanggulangin berjalan dengan baik, sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang sangat bagus.


“SDM di Tanggulangin sudah bagus. Tinggal nanti melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak atau instansi yang sekiranya cocok,” terangnya.


Menurut Riza, setiap pemimpin mempunyai karakter atau gaya kepemimpinan yang beragam masing-masing individu, termasuk kepemimpinan Ansor Tanggulangin dari masa ke masa.


“Alhamdulillah, sekarang sahabat Mustofa Bisri selaku Ketua PAC GP Ansor Tanggulangin bisa berkoordinasi dengan siapapun,” pungkasnya.


Hadir dalam kesempatan ini, Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah KH Asep Saifuddin Chalim, Wakil Bupati sekaligus Ketua PC GP Ansor Mojokerto Muhammad Al-Barraa, serta undangan lainnya.


Metropolis Terbaru