• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 3 Oktober 2022

Metropolis

Gelar Ratiban, MDS Rijalul Ansor di Sidoarjo Sasar Perumahan

Gelar Ratiban, MDS Rijalul Ansor di Sidoarjo Sasar Perumahan
Rutinan MDS Rijalul Ansor Jumputrejo, Sukodono, Sidoarjo menyasar komplek perumahan. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Rutinan MDS Rijalul Ansor Jumputrejo, Sukodono, Sidoarjo menyasar komplek perumahan. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Ranting (PR) Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo menggelar Ratiban. Menariknya, kegiatan ini dilaksanakan di Mushalla An-Nur yang berlokasi di komplek perumahan Citra Surya Mas (CSM) Jumputrejo, Sukodono, Sidoarjo, Ahad (30/01/2022).

 

Ketua takmir Mushala An-Nur, H Imam Mukhozali mengapresiasi atas dilaksanakannya ngaji rutinan yang digelar oleh PR MDS Rijalul Ansor Jumputrejo tersebut. Menurutnya, kegiatan ini memberikan warna yang luar biasa serta tarbiyah bagi masyarakat di lingkungan perumahan.

 

“Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua,” ujar pria yang juga Wakil Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo itu.

 

Ia menambahkkan, di Nahdlatul Ulama ada dua pilar yang tidak dapat ditinggalkan, karena dua pilar ini sebagai penopang kekuatan berdirinya NU. Dua pilar itu ialah pesantren dan masjid.

 

“Karena lahirnya NU itu di pesantren, sudah tidak kita ragukan bahwa seluruh masyayikh NU itu dilahirkan dari pesantren, termasuk Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari,” tuturnya.

 

Terkait masjid, menurutnya, merupakan sebuah tempat ibadah yang bisa menopang kekuatan NU mulai dari tingkatan bawah sampai atas. Apabila kedua pilar itu kokoh, maka kekuatan NU akan semakin besar.

 

“Mari kita kenalkan akidah Aswaja di mushala dan masjid, yang notabene adalah amaliyah Nabi Muhammad SAW. Ini buktinya bahwa Rijalul Ansor di ranting pun juga bergerak di dalam taklim, shalawat, dan kegiatan lain yang insyaallah akan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat,” tegasnya.

 

Sementara itu, Ketua PR Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jumputrejo, M Yulianto mengatakan, pihaknya sengaja mencanangkan program ngaji rutinan Rijalul Ansor sebulan sekali dengan menyasar masjid dan mushala di lingkungan perumahan. 

 

“Tujuannya untuk syiar Aswaja, mengingat terdapat banyak sekali perumahan di kawasan Desa Jumputrejo,” ungkapnya.

 

Selain itu, juga bertujuan untuk mencegah masuknya paham intoleran dan radikalisme di lingkungan perumahan. Oleh karenanya, masjid dan mushala perumahan juga jadi sasaran ngaji rutinan selain bergiliran di rumah anggota.

 

“Tentu, sebelumnya atas izin ketua takmir setempat. Terima kasih Ketua Takmir Mushalla An-Nur yang telah mengizinkan kegiatan ini, semoga kami bisa istiqamah menggelar rutinan Rijalul Ansor,” tandasnya.

 

Diketahui, ngaji rutinan ini juga dihadiri oleh Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Jumputrejo, segenap pengurus dan anggota PR GP Ansor Jumputrejo, pengurus takmir, serta warga sekitar.

  

Adapun rangkaian acara diawali dengan pembacaan Shalawat Nabi, Ratibul Haddad, ngaji kitab Safinatun Najah, dan dipungkasi dengan pembacaan doa.


Metropolis Terbaru