• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Metropolis

LP Ma'arif NU di Sidoarjo Gelar Pelatihan Literasi dan Numerasi

LP Ma'arif NU di Sidoarjo Gelar Pelatihan Literasi dan Numerasi
Pelatihan Literasi dan Numerasi oleh LP Ma'arif NU Taman, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar)
Pelatihan Literasi dan Numerasi oleh LP Ma'arif NU Taman, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Taman, Sidoarjo menggelar Pelatihan Literasi dan Numerasi. Kegiatan tersebut dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Bahauddin Ngelom, Taman, Sidoarjo, Jum'at-Sabtu (28-29/01/2022).

 

Kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi pendidik tersebut diikuti oleh puluhan guru perwakilan madrasah se-Kecamatan Taman. Acara ini juga dihadiri Ketua Pengurus Cabang (PC) LP Ma'arif NU Sidoarjo, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo, dan Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) Kecamatan Taman.

 

Kepala Kemenag Sidoarjo, Amir Sholehuddin menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan implementasi kerja sama antara LP Ma'arif NU dengan Kemenag Sidoarjo beberapa waktu lalu.

 

Ia menambahkan, pelatihan ini merupakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Menurutnya, pelatihan tersebut tidak akan berhentidi tempat pelatihan saja, namun harus ditindak lanjuti oleh masing-masing peserta. 

 

"Setelah pelatihan ini harus ditindak lanjuti melalui kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus masing-masing, dan diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas," imbuhnya. 

 

Sementara Ketua LP Ma'arif NU Kecamatan Taman, Abdul Gofur menyampaikan, bahwa pelatihan tersebut merupakan proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru. 

 

"Karena kita sebagai guru harus memiliki performa sebagai pendidik dan fasilitator bagi peserta didik," ujarnya. 

 

Melalui pembelajaran numerasi ini, menurutnya siswa akan mudah mengingat pembelajaran. "Karena selain menyenangkan, materi yang disampaikan juga akan mudah diingat," tandasnya.


Metropolis Terbaru