• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Matraman

Madrasah di Nganjuk Bimbing Siswa Ilmu Manasik saat Musim Haji

Madrasah di Nganjuk Bimbing Siswa Ilmu Manasik saat Musim Haji
Puluhan siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Samiun Ngluyu, Nganjuk dibimbing manasik haji. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
Puluhan siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Samiun Ngluyu, Nganjuk dibimbing manasik haji. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Memasuki bulan Dzulhijjah atau musim haji dimanfaatkan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Samiun Ngluyu, Nganjuk mengadakan bimbingan manasik haji kepada siswa. Kegiatan tersebut dipusatkan di Marwah Plemahan, Kediri, Kamis (16/06/2022).


Puluhan siswa yang mengikuti kegiatan tersebut tampak antusias melaksanakan simulasi manasik. Di antaranya, memasuki terowongan mina sambil berdoa, melakukan thawaf (keliling ka’bah), sya’i di bukit shafa dan marwah, melempar jumrah, meminum air zam-zam, serta sejumlah tahapan lainnya.


Ketua Panitia, Syamsul Munir menyampaikan manasik haji ini adalah program rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Meskipun simulasi, diharapkan mereka bisa belajar tentang nilai-nilai agama, moral, fisik motorik, seni, bahasa, kognitif yang dipadu secara edukasi sebagai calon haji.


“Dengan demikian ini dapat menjadi bekal untuk kehidupan keagamaan anak di masa yang akan datang. Insyaallah mereka akan memiliki pengalaman beragama dalam memorinya dan tidak akan hilang sampai dewasa,” ujar pengurus LP Ma’arif NU Ngluyu tersebut.


Disampaikan Munir, anak usia dini memerlukan pendidikan dan praktek untuk merangsang pertumbuhan jasmani dan rohani. Beberapa nilai karakter yang didapatkan yaitu kerja sama, kolaborasi, kesabaran, pengorbanan, dan keikhlasan.


“Sehingga anak-anak memiliki sikap religius sejak dini, minimal mengenal rukun Islam yang ke lima. Agar lebih hikmat pelaksanaannya dibarengkan dengan musim haji,” tutur alumnus Institut Agama Islam (IAI) Pangeran Diponegoro itu.


Di tengah pelaksanakan manasik haji, tampak beberapa orang tua murid yang menyaksikan putranya meneteskan air mata. Para orang tua berhasrat untuk segera dimudahkan menunaikan ibadah haji ke baitullah.


Salah satu wali murid, Siti Mas’ana mengatakan praktik manasik berjalan dengan lancar, hikmat dan menyenangkan bagi siswa dan orang tua. Salah satunya terbukti ketika acara telah selesai banyak dari siswa dan wali siswa yang mengabadikan momen pelaksanaan manasik dengan berfoto di depan miniatur ka’bah dan tempat lainnya.


“Alhamdulillah, saya sangat senang ada program seperti ini. Kegiatan manasik haji pada hari ini sangat hikmat dan menyenangkan. Semoga kita semua dapat dimudahkan untuk pergi ke baitullah,” pungkasnya.


Matraman Terbaru