• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Matraman

Tangis Haru Plt Bupati Nganjuk Lepas Keberangkatan 274 Jamaah Haji

Tangis Haru Plt Bupati Nganjuk Lepas Keberangkatan 274 Jamaah Haji
Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi saat melepas keberangkatan 274 jamaah haji. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi saat melepas keberangkatan 274 jamaah haji. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi melepas keberangkatan sebanyak 274 calon jamaah haji (CJH) yang bakal melaksanakan ibadah haji 2022 dari Pendopo Kabupaten Nganjuk, Jumat (10/06/2022) sekira pukul 04.30 WIB.


Dalam kesempatan itu, Marhaen mengatakan bahwa keberangkatan jamaah haji asal Nganjuk pada musim haji 2022 ini mengharukan. Hal tersebut karena setelah dua tahun terakhir keberangkatan haji dari tanah air tertunda karena pandemi Covid-19.


“Antusiasmenya sangat tinggi. Alhamdulillah, setelah dua tahun menanti akhirnya jamaah haji asal Nganjuk bisa berangkat. Meskipun di bawah kuota tidak apa-apa, yang penting berangkat,” kata Marhaen terharu.


Dirinya mengingatkan agar para calon jamaah haji terus menjaga kondisi tubuh. Pasalnya, ibadah haji merupakan ibadah mental dan fisik. Rangkaian ibadah yang dilaksanakan selama 40 hari tersebut cukup banyak, sehingga badan harus tetap sehat.


“Meskipun sudah banyak kelonggaran, mohon kepada bapak-ibu jamaah haji tetap menjalankan protokol kesehatan,” tutur pria yang juga A’wan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur itu.


Sebelum berangkat, ratusan CJH telah melakukan rangkaian pemeriksaan kesehatan, termasuk penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Marhaen juga mendoakan agar jamaah dimudahkan dalam perjalanan, melaksanakan rukun haji, serta mengharapkan berdoa di titik yang telah ditentukan sebagai tempat makbulnya doa.


“Saya juga meminta doanya kepada bapak-ibu yang melaksanakan haji untuk mendoakan Pemerintah Kabupaten Nganjuk amanah dalam mengemban tanggung jawab dan mohon masyarakat Kabupaten Nganjuk juga didoakan agar sehat selalu dan lancar rezekinya,” katanya.


Pantauan NU Online Jatim, isak tangis haru ribuan keluarga pengantar jamaah haji pecah. Mereka rela antre dan berdesakan sejak pukul 02.00 WIB untuk memasuki area keberangkatan di Alun-alun Nganjuk hanya untuk mendoakan dan melepas keberangkatan jamaah haji menuju Baitullah.


“Suasananya berbeda, ada kerinduan yang mendalam dari jamaah haji dan keluarga," ujar Titin, salah satu pengantar CJH asal Kecamatan Ngluyu.


Matraman Terbaru