• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Matraman

Peringati Harlah, Basada Ponorogo Gelar Sejumlah Aksi Kemanusiaan

Peringati Harlah, Basada Ponorogo Gelar Sejumlah Aksi Kemanusiaan
Penyerahan bingkisan kepada peserta khitan massal yang digelar Basada Ponorogo. (Foto: NOJ/ HK).
Penyerahan bingkisan kepada peserta khitan massal yang digelar Basada Ponorogo. (Foto: NOJ/ HK).

Ponorogo, NU Online Jatim

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun satuan khusus Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang menangani bidang kesehatan atau yang dikenal dengan Banser Husada (Basada) Ponorogo yang ke-5, digelar sejumlah aksi kemanusiaan. Acara dipusatkan di Masjid Jamik Desa Tanjungsari Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, Ahad (20/06/21).

 

Kepala Satuan Khusus Basada Ponorogo, Aziz Setiawan menuturkan, kegiatan itu sebagai sarana untuk memperkenalkan bahwa Banser memiliki pasukan khusus yang menangani kesehatan yakni Basada atau Banser Husada.

 

Lebih lanjut, Aziz menyebutkan, bahwa terdapat beberapa acara dalam kegiatan tersebut yang berkolaborasi dengan sejumlah instansi dan lembaga terkait. Di antaranya Donor Darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) setempat, dan Pijat Refleksi yang dipandu oleh anggota Basada Ponorogo dengan menggandeng Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Ponorogo.

 

“Ada pula khitan massal yang bersinergi dengan Rumah Sakit Muslimat Ponorogo,” ujarnya.

 

Menurut Aziz, khitan massal ini diikuti 20 peserta, sesuai dengan jumlah kuota yang ditetapkan. Sedangkan proses pelaksanaannya berlangsung di Rumah Sakit Muslimat Ponorogo. Namun demikian, peserta terlebih dahulu diminta untuk melakukan registrasi sekaligus pemberian bingkisan. Kemudian berangkat bersama dengan armada transportasi di fasilitasi Basada Ponorogo.

 

“Acara khitan gratis ini akan menjadi program rutin Basada Ponorogo,” jelas Aziz kepada NU Online Jatim.

 

Aziz mengatakan, bahwa acara ini juga didukung oleh Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Tanjungsari dan seluruh banom NU di desa setempat. Pantauan di lokasi, mereka sangat antusias mensukseskan acara ini.

 

“Alhamdulillah seluruh banom NU di Desa Tanjungsari sangat mendukung kegiatan ini. Ini kerjasama yang luar biasa. Semoga Basada Ponorogo dapat melakukan sinergi dengan semua pihak demi menjaga kesehatan masyarakat,” pungkasnya.

 

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan di antaranya Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Ponorogo, Ketua PR GP Ansor Tanjungsari, Pemerintah Desa Tanjungsari, Direktur RS Muslimat Ponorogo, dan Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Ponorogo.

 

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan pemberian bingkisan untuk peserta khitan massal.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru