• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Matraman

Semarak HSN di Ponorogo Terasa hingga Ranting NU

Semarak HSN di Ponorogo Terasa hingga Ranting NU
Gowes bareng dalam rangka memperingati HSN 2021 oleh Ranting NU Ngrupit, Jenangan, Kabupaten Ponorogo. (Foto: NOJ/Zen Muhammad)
Gowes bareng dalam rangka memperingati HSN 2021 oleh Ranting NU Ngrupit, Jenangan, Kabupaten Ponorogo. (Foto: NOJ/Zen Muhammad)

Ponorogo, NU Online Jatim

Kemeriahan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 di Kabupaten Ponorogo terus bergelora mulai dari tingkat Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) hingga Ranting NU. Seperti di Ranting NU Ngrupit, Kecamatan Jenangan, yang memperingati HSN dengan ziarah makam dan gowes bersama santri Diniyah se Desa Ngrupit, Rabu (20/10).

 

Kemeriahan gowes bertambah karena ada ratusan hadiah menarik yang disediakan panitia Ranting NU Ngrupit kepada peserta. Keceriaan para santri terpampang jelas ketika mereka mengayuh sepeda dari mulai titik start di area Makam KH Nur Fadhil Gentan hingga titik akhir Kantor NU Desa Ngrupit.

 

Halwan Akhidya Putra, panitia acara, mengatakan bahwa ziarah makam dilakukan di makam KH Nur Fadhil Gentan. "Beliau adalah penyebar agama Islam di Desa Ngrupit, khusus Dusun Gentan," katanya.

 

Halwan yang juga sebagai guru RA Muslimat NUNgrupit II itu  mengungkapkan, para santri diniyah sangat antusias mengikuti gelaran HSN. "Sangat khidmat berziarah dan ceria saat gowes," terangnya.

 

Ia menambahkan, selama ziarah peserta wajib mengenakan masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan. Sedangkan saat mengayuh sepeda boleh mencopot masker. “Namun panitia menghimbau agar tetap menjaga jarak, apalagi bersepeda sangat berbahaya jika tidak menjaga jarak aman," imbuh Halwan.

 

Sebagai informasi, dalam kegiatan ini, selain dihadiri para peserta ziarah dan gowes, juga dihadiri Kepala Desa Ngrupit, Suherwan. Dalam sambutannya dia menegaskan pentingnya taat protokol kesehatan. "Meskipun kasus Covid-19 sudah menurun, tetap patuhi protokol kesehatan," katanya.


Matraman Terbaru