• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Matraman

Tingkatkan Mutu Kepramukaan, MA Ma'arif di Pacitan Laksanakan Visitasi

Tingkatkan Mutu Kepramukaan, MA Ma'arif di Pacitan Laksanakan Visitasi
Visitasi Gudep Amazing Kwarcab Pacitan oleh MAM 03 Sidomulyo. (Foto: NOJ/Kelvin Nuryani)
Visitasi Gudep Amazing Kwarcab Pacitan oleh MAM 03 Sidomulyo. (Foto: NOJ/Kelvin Nuryani)

Pacitan, NU Online Jatim
Madrasah Aliyah Ma'arif (MAM) 03 Sidomulyo menggelar visitasi Gugus Depan (Gudep) Amazing Kwartir Cabang (Kwarcab) Pacitan. Program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kepramukaan di setiap pangkalan ini dilakukan oleh tim asesor Kwarcab Pacitan pada Sabtu, (12/03/2022). 


Dengan diikuti oleh seluruh siswa, kegiatan berpusat di gedung MAM 03 Sidomulyo. Sebelum diadakan visitasi madrasah, lembaga tersebut telah mengantongi predikat tiga besar finalis Gugus Depan Amazing se-Kwartir Cabang Pacitan level Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). 


"Kami sangat senang karena madrasah mampu meraih peringkat tiga besar di Gudep Amazing Kwartir Cabang Pacitan," kata Zaenal Abidin, Kepala Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) MAM 03 Sidomulyo. 


Tidak hanya itu, Pramuka sebagai salah satu wadah pengembangan diri siswa, diharapkan mampu memberikan yang terbaik. Meskipun dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih terbatas, sebagai salah satu motivasi untuk maju, jiwa bersaing harus selalu ditumbuhkan.


"Dalam keterbatasan SDM, kami berusaha semaksimal mungkin agar bisa berkompetisi dalam kegiatan kepramukaan," imbuhnya. 


Dia merasa bersyukur atas kepercayaan yang diberikan dari Kwartir Ranting (Kwarran) Kebonagung kepada MAM 03 Sidomulyo sehingga mampu membawa nama baik lembaga.


"Terima kasih kepada Kwarran Kebonagung yang telah memberikan kesempatan untuk berkompetisi di Gugus Depan Amazing," terangnya. 


Sementara itu, Ketua Harian Kwarcab Pacitan, Sudjarwo menjelaskan bahwa banyak tugas dari Gudep di madrasah. Di antaranya menjadikan peserta didik yang bertanggungjawab, berkarakter dan memiliki jiwa nasionalisme. 


"Gugus depan merupakan satuan organisasi agar tercipta peserta didik yang memiliki karakter yang baik, mempunyai nilai kebangsaan, dan perhatian terhadap lingkungan masing-masing," ujarnya. 


Salah satu anggota tim tersebut juga menjelaskan beberapa yang akan dilakukan selama visitasi. 


"Ada empat bidang di antaranya bidang kelembagaan, bidang administrasi, bidang program kegiatan, dan bidang keuangan," terangnya. 


Dirinya berharap, ke depannya MAM 03 Sidomulyo yang merupakan rujukan Kwarran kecamatan setempat mampu menjadi Gudep terbaik. 


"Perlu diketahui bahwa MAM 03 Sidomulyo ini merupakan Gudep rujukan untuk Kwarran Kebonagung," pungkasnya.


Penulis: Kelvin Nuryani
 


Editor:

Matraman Terbaru