Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Tingkatkan Pengelolaan Dana Umat, LAZISNU Pacitan Gelar Rakorcab

Tingkatkan Pengelolaan Dana Umat, LAZISNU Pacitan Gelar Rakorcab
Rakorcab PC LAZISNU Pacitan. (Foto: NOJ/Risalatul Mu'awanah)
Rakorcab PC LAZISNU Pacitan. (Foto: NOJ/Risalatul Mu'awanah)

Pacitan, NU Online Jatim

Kendati dalam masa pandemi, tidak menyurutkan semangat sejumlah pengurus Nahdlatul Ulama di berbagai tingkatan untuk berkhidmat. Pengabdian kepada jamiyah dan umat tetap jalan, meskipun tentu saja ada penyesuaian dengan keadaan.

 

Hal tersebut sebagaimana dilakukan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pacitan yang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Cabang atau Rakorcab. Ini merupakan kegiatan ketiga yang dipusatkan di Madrasah Aliyah (MA) Ma’arif  Pacitan, Rabu (13/01/2021).

 

Berbeda ketika waktu normal yang menghadirkan peserta mulai dari pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) LAZISNU sampai Pengurus Ranting, Rakorcab hanya terbatas sampai tingkat MWCatau tingkat kecamatan.

 

“Tema Rakorcab kali ini adalah berinfaq berdayakan umat,” kata Imam Mukhtar.

 

Sekretaris LAZISNU Pacitan tersebut menyampaikan bahwa, tema tersebut diambil mengingat pentingnya menunaikan zakat, infak, shadaqah. “Karena mampu memberdayakan ekonomi umat dan mengurangi kemiskinan khususnya di era pademi Covid-19,” jelasnya.

 

Rakorcab yang merupakan agenda tahunan ini bertujuan meningkatkan kinerja NU Care-LAZISNU di seluruh tingkatan di Pacitan. Selain itu menjadi ajang menjalin silaturahim antarpengelola dari setiap tingkatan. “Maksud dari Rakorcab adalah untuk menjalin ukhuwah sesama pengelola NU Care-LAZISNU se-kabupaten Pacitan,” ujarnya.

 

Materi pertama Rakorcab menggalakkan kembali fundraising yakni penggalangan dana zakat, infaq dan shadaqah yang dibagi menjadi dua poin. Yaitu penggalangan dana manual dengan memakai kotak infaq atau KOIN NU, dan penggalangan melalui aplikasi online.

 

Imam, sapaan akrabnya menambahkan bahwa, Rakorcab juga dibarengi dengan sosialisasi penggunaan pupuk Natures. Sekaligus menjalin kerja sama dengan Perusahaan Pupuk PT Damai Agro Mandiri dalam rangka peningkatan produktifitas hasil pertanian warga Pacitan.

 

Materi kedua dari Rakorcab adalah sosialisasi pupuk Natures dan penandatanganan kerja sama antara NU Care-LAZISNU Pacitan PT Damai Agro Mandiri.

 

“Tujuannya memudahkan akses petani dalam memperoleh pupuk sekaligus untuk peningkatan produktifitas hasil pertanian warga Pacitan,” pungkasnya.

 

Tampak hadir pada kegiatan ini Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pacitan, KH Abdullah Sadjad, Asisten Pemerintahan  dan Kesra sekaligus Ketua PCNU Pacitan KH Mahmud, Ketua PC LAZISNU, H Syifaul Djanan, direktur NU Care-LAZISNU, Moh Anhar. Juga tim aosialisasi pupuk Natures PW Jatim, Ahmad Fadlan dan Perwakilan PT Damai Agro Mandiri Gresik.

 

Penulis: Risalatul Mu’awanah

Terkait

Matraman Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini