• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Matraman

Tugu Sehat, Cara NU di Ngawi Berbagi di Hari Jumat

Tugu Sehat, Cara NU di Ngawi Berbagi di Hari Jumat
Warga mengambil makanan sehat di Tugu Sehat Sedekah Jumat yang dibuat Banom NU Ranting Sumberbening, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi. (Foto: NOJ/Dewi Maslakhatunni'mah)
Warga mengambil makanan sehat di Tugu Sehat Sedekah Jumat yang dibuat Banom NU Ranting Sumberbening, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi. (Foto: NOJ/Dewi Maslakhatunni'mah)

Ngawi, NU Online Jatim

Badan Otonom Banom Nahdlatul Ulama (Banom NU) di Desa Sumberbening, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, memiliki cara unik untuk sedekah di hari Jumat. Pengurus NU beserta Banom NU setempat memiliki tugu yang di beri nama Tugu Sehat, Sedekah Jumat.


Tugu Sehat Sedekah Jumat adalah sebuah tugu yang menyediakan makanan sehat dan bergizi untuk masyarakat sekitar yang secara ekonomi kurang mampu. Berbagai macam makanan sehat digantung di tugu. Makanan tersebut berasal dari donasi warga mampu desa setempat. Mereka yang ingin mendapatkan makanan sehat tinggal mengambil.


Dengan adanya tugu sehat tersebut, mereka bisa mendapatkan makanan sehat dan bergizi dengan mudah.


"Adanya tugu sehat ini, diharapkan dapat memberikan kemakmuran kepada warga, agar bisa lebih sehat karena mengkonsumsi makanan sehat. Juga memberikan kemudahan kepada warga kurang mampu yang sangat susah untuk mendapatkan makanan sehat," kata Priyono, Sekretaris Ranting NU Sumberbening.


Keberadaan tugu sehat tersebut memang sangat membantu warga setempat. Sehingga disambut antusias oleh masyarakat sekitar. Bukan hanya masyarakat yang kurang mampu, namun masyarakat yang kebetulan sudah mapan secara ekonomi juga menyambut dengan antusias kegiatan tersebut, karena mereka jadi lebih mudah untuk bersedekah.


Selain itu, Priyono juga menuturkan dampak dari adanya kegiatan tersebut juga dirasakan oleh Pengurus NU dan banom NU setempat.


"Dampak yang sudah dirasakan dari adanya kegiatan ini, yaitu masyarakat lebih tergugah untuk peduli dan membantu warga saudara sekitar yang kurang mampu, juga pengurus Banom NU juga merasakan dengan adanya kegiatan tersebut lebih mempererat silaturahmi antar pengurus dan Nahdliyyin setempat, sehingga bisa memajukan NU bersama," ujarnya.


Matraman Terbaru