• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Matraman

Untuk Kemandirian Nahdliyin, LAZISNU Pacitan Bagikan 12 Ekor Kambing

Untuk Kemandirian Nahdliyin, LAZISNU Pacitan Bagikan 12 Ekor Kambing
Pembagian 12 ekor kambing oleh tim NU Care-LAZISNU Pacitan. (Foto: Istimewa)
Pembagian 12 ekor kambing oleh tim NU Care-LAZISNU Pacitan. (Foto: Istimewa)

Pacitan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pacitan meluncurkan program Bina Desa Nusantara yang ditandai dengan pembagian 12 ekor kambing betina kepada warga miskin, Ahad (09/10/2022). Pembagian ini diberikan selama dua tahap sesuai ketentuan dari tim NU Care-LAZISNU.


Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pacitan, KH Mahmud mengatakan, program pengentasan kemiskinan dengan cara bagi-bagi kambing betina kali ini merupakan kali kedua.


"Alhamdulillah, ini kali keduanya NU-Care LAZISNU memberikan bantuan sejumlah kambing betina untuk umat. Khusus warga NU, semoga lebih maju dan mandiri secara ekonomi," katanya kepada NU Online Jatim.


Menurutnya, langkah tersebut merupakan upaya dan langkah nyata bahwa NU hadir di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Pacitan. Dengan demikian, masalah kemiskinan dapat diselesaikan. 


"NU terus andil membantu pemerintah untuk masyarakat Pacitan sejahtera dan bahagia," jelasnya.


Kiai Mahmud menyampaikan, pemberian kambing kali ini menyasar Desa Sambong yang masih banyak warga kurang mampu.


"Ya, semoga bermanfaat dan program ini sudah dirasakan betul oleh warga Pacitan kurang mampu. Setelah ini akan tetap kami kembangkan," sambungnya.


Ia berharap, semua pihak mendukung program pengentasan kemiskinan tersebut. Bahkan bisa merambah ke seluruh desa dari 12 kecamatan yang ada di Pacitan.


"Program Bina Desa Nusantara ini perlu dukungan semua pihak agar angka kemiskinan dapat dikurangi. Semoga tetap istiqamah," pungkasnya.


Disisi lain, salah satu penerima manfaat program Bina Desa Nusantara PCNU Pacitan, Muhammad Muchid mengatakan bahwa dirinya sudah merasakan dampak bantuan kambing tersebut. Tahun lalu dia menerima satu ekor kambing betina, sekarang sudah berkembang melahirkan anak dua kali.


"Kami berterima kasih kepada NU dengan adanya bantuan kambing bergulir ini. Setahun yang lalu kami menerima bantuan 1 ekor kambing, dan alhamdulillah kambingnya sudah dua kali melahirkan anak," katanya.


Editor:

Matraman Terbaru