• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Metropolis

Ansor Kabupaten Mojokerto Jaring Potensi Kader dengan PKL

Ansor Kabupaten Mojokerto Jaring Potensi Kader dengan PKL
Ketua PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto saat sambutan pada pembukaan PKL. (Foto: NOJ/ Yulia NH)
Ketua PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto saat sambutan pada pembukaan PKL. (Foto: NOJ/ Yulia NH)

Mojokerto, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Mojokerto menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) guna menjaring potensi kader yang militan. Kegiatan yang dilaksanakan di aula SMP Teknologi Informatika Al Hidayah, Desa Wonodadi, Kecamatan Kutorejo ini berlangsung selama empat hari, mulai Kamis-Ahad (11-14/11).

 

Ketua PC GP Ansor Mojokerto, Ali Moh Nasih menyebutkan, bahwa PKL dengan tema ‘Memantapkan Potensi Kader Menuju Perubahan Sosial Progresif dan Kepemimpinan Transformatif’ ini sedianya akan digelar September lalu. Namun ditunda karena adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

 

“Sehingga ketika level PPKM diturunkan oleh pemerintah kita langsung bergerak. Tidak hanya untuk pelatihan ini saja, tapi juga untuk kegiatan-kegiatan lain Ansor di Mojokerto,” ungkap Gus Ali.

 

Dirinya juga mengatakan, PC GP Ansor Mojokerto tidak bisa melaksanakan Konferensi Cabang (Konfercab) untuk memilih pimpinan yang baru jika tidak melaksanakan akreditasi Pimpinan Ranting (PR) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC).

 

“Maka dari itu, kita mengupayakan semaksimal mungkin adanya penilaiaan-penilaian terhadap Pimpinan Ranting, yang nantinya berpengaruh pada hak suara saat Konfercab. Ranting yang nilainya tidak memenuhi syarat, maka tidak punya hak suara. Hal ini juga berlaku untuk PAC,” tuturnya.

 

Pihaknya menambahkan, di tanggal 28 November nanti akan ada sparing Futsal sehat dari GP Ansor Mojokerto untuk me-refresh pikiran setelah mengikuti kaderisasi PKL ini.

 

“Nanti seluruh tim yang bertanding akan mendapatkan hadiah sepatu,” imbuh Pondok Pesantren Al Istiqomah Mojokarang, Dlanggu, Mojokerto itu.

 

Gus Ali mengatakan, bahwa pelaksanaan kaderisasi PKL tersebut tidak hanya sekedar memenuhi kewajiban saja, tetapi benar-benar untuk menjaring kader-kader militan, serta sosok pemimpin yang luar biasa.

 

“Jadi, PKL ini tidak hanya untuk menggugurkan kewajiban saja, tapi guna mencari kader dan pemimpin terbaik,” pungkasnya.

 

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua Bidang Pengkaderan Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Timur, Achmad Nur Aminuddin beserta dewan instruktur lainnya.

 

 

Hadir pula Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Mojokerto KH Abdul Adzim Alwi, Ketua PC GP Ansor Kota Mojokerto Ahmad Saifullah, dan Pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayah yang diwakili oleh Ustadz Ulil Absor selaku Kepala Sekolah Al Hidayah.


Metropolis Terbaru