• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

LPBI NU Mojokerto Terlibat Buka Poslap Banjir Bandang Kota Batu

LPBI NU Mojokerto Terlibat Buka Poslap Banjir Bandang Kota Batu
Lokasi Pos Lapangan NU Peduli banjir bandang Kota Batu dan sekitarnya di alan Bukit Berbunga 261, SMP Raden Patah Sidomulyo Kota Batu. (Foto: NOJ/ Yulia NH)
Lokasi Pos Lapangan NU Peduli banjir bandang Kota Batu dan sekitarnya di alan Bukit Berbunga 261, SMP Raden Patah Sidomulyo Kota Batu. (Foto: NOJ/ Yulia NH)

Mojokerto, NU Online Jatim

Merespons peristiwa banjir bandang yang melanda Kota Batu dan sekitarnya pada Kamis (04/11) lalu, relawan Nahdlatul Ulama Jawa Timur membuka Pos Lapangan (Poslap) untuk membantu penanggulangan bencana.

 

Inisiasi ini muncul dari Pimpinan Wilayah (PW) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Jawa Timur, serta LPBI NU Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Malang. Selain itu, turut terlibat GP Ansor dan Banser Kota Batu, serta PCNU Kota Batu dan MWCNU Bumiaji.

 

Ketua LPBI NU Kabupaten Mojokerto, Saiful Anam menjelaskan, setelah melakukan koordinasi ditetapkan lokasi Poslap berada di Jalan Bukit Berbunga 261, SMP Raden Patah Sidomulyo Kota Batu.

 

"Lokasi dipilih karena berada di tempat strategis," ujarnya kepada NU Online Jatim, Ahad (07/11).

 

Menurutnya, sejak Poslap diaktifkan, sudah banyak relawan dan bantuan yang masuk. Setelah dilakukan koordinasi, bantuan langsung disalurkan kepada korban bencana banjir bandang.

 

"Seperti bantuan dari tenaga relawan melalui Poslap Banser di Bulukerto yang disalurkan langsung ke lokasi untuk membantu evakuasi material juga SAR yang dikomando oleh Basarnas," ungkapnya.

 

Dirinya menambahkan, keberadaan Poslap dalam melakukan aktifitasnya selalu berkoordinasi dengan posko tanggap darurat banjir bandang Kota Batu yang terletak di Pusdalops BPBD Batu.

 

"Sampai hari ke tiga pasca kejadian, ratusan relawan baik dari Kabupaten Malang, Mojokerto, Kota Batu dan sekitarnya bergabung di Poslap NU Peduli. Bantuan logistik juga banyak dan langsung  disalurkan," pungkasnya.

 

Poslap banjir bandang Kota Batu ini akan terus membuka donasi melalui nomor rekening BRI 315001031929536 atas nama LAZISNU. Atau bisa menghubungi narahubung Rurid Rudianto dengan nomor 08125232429.


Metropolis Terbaru