• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Metropolis

Bahtsul Masail Syuriah Turut Ramaikan Mujahadah Kubro di Ponorogo

Bahtsul Masail Syuriah Turut Ramaikan Mujahadah Kubro di Ponorogo
Sejumlah pembahasan dalam bahtsul masail. (Foto: NOJ/istimewa)
Sejumlah pembahasan dalam bahtsul masail. (Foto: NOJ/istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim
Mujahadah Kubro dan Doa 11 Kiai Jawa Timur yang digelar oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur turut diramaikan dengan kegiatan Bahtsul Masail Syuriah pada Sabtu-Ahad (18-19/06/2022). Kegiatan yang digelar di Yayasan Ki Ageng Muhammad Besari itu merupakan salah satu kegiatan awal dalam peringatan 1 Abad NU.

 

"Bahstul masail ini rutin digelar satu tahun dua kali. Dan saat ini kembali kita laksanakan setelah libur pandemi dua tahun yang bertepatan dengan Mujahadah Kubro di Ponorogo," kata KH Ahmad Asyhar, Ketua Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Jawa Timur, Sabtu (18/06/2022).

 

Kiai Asyhar menyebutkan bahwa ada sejumlah masalah yang dibahas dalam bahtsul masail yang dibagi dalam tiga komisi.

 

"Di komisi waqi'iyah ada delapan masalah yang diangkat menyangkut hukum suatu peristiwa. Sementara pada komisi maudhu’iyah ada dua persoalan terkait masalah agama tematik atau kasuistik. Dan di komisi qoununiyah akan mendiskusikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan perundang-undangan," terangnya.

 

Selain itu, Kiai Asyhar mengungkapkan bahwa bahtsul masail itu akan dihadiri oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jawa Timur dan beberapa undangan lainnya.

 

"Yang berbeda dari bahtsul masail kali ini adalah kami mengundang Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) dan kampus-kampus Jawa Timur," ungkapnya.


Metropolis Terbaru