• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Metropolis

Banser dan MWCNU di Gresik Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir

Banser dan MWCNU di Gresik Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir
Penyaluran bantuan untuk warga yang terdampak banjir. (Foto: NOJ/ Syafik Hoo).
Penyaluran bantuan untuk warga yang terdampak banjir. (Foto: NOJ/ Syafik Hoo).

Gresik, NU Online Jatim

Banjir terjadi di sejumlah desa di Kabupaten Gresik, Ahad (13/12/2020) kemarin. Akibatnya, tidak sedikit rumah warga yang terendam banjir.

 

Mengetahui musibah tersebut, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Gresik turun ke lokasi untuk menyalurkan bantuan. Selain Banser, pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Balongpanggang juga memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir.

 

Banser bersama pengurus Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor menyalurkan bantuan tersebut di Desa Dungus, Kecamatan Cerme, Senin (14/12/2020).

 

“Alhamdulillah kita bisa memberikan donasi walaupun kecil, semoga bisa diikuti yang lain," kata Abd Rohim, Ketua PC GP Ansor Gresik.

 

Adapun bantuan yang diberikan sebagian kecil berupa sembako. Bantuan tersebut disalurkan di Posko Banjir Ranting Ansor Dungus dan Lengkong Kecamatan Cerme serta Posko Banjir MWCNU Benjeng. "Karena dua kecamatan ini banjir yang paling terdampak," pungkas Abd Rohim.

 

Sementar itu, Pengurus MWCNU Balongpanggang bersama Banom NU juga menyalurkan bantuan berupa paket sembako untuk korban bencana banjir luapan Sungai Lamong.

 

Menurut Ketua MWCNU Balongpanggang H Moh Mahmud, beberapa hari terakhir hujan turun cukup sering di Kabupaten Gresik, khususnya di wilayah Kecamatan Balongpanggang. Sehingga mengakibatkan terjadinya banjir di beberapa daerah. Akibatnya, hingga kini ada beberapa rumah warga yang terisolasi dari daerah lain karena terdampak banjir.

 

“Kita menyalurkan bantuan paket sembako  untuk korban bencana banjir  yang menimpa warga di sekitar Kecamatan Balongpanggang,” katanya.

 

 

Dijelaskan, peristiwa banjir terjadi pada Ahad (13/12/2020) hingga sekarang belum surut. Sebagian dapur di rumah warga masih terendam  banjir sehingga belum bisa difungsikan. “Bahkan banyak rumah yang terendam banjir dan belum surut. Kondisi banjir  ini sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya,” tambahnya.

 

Diharapkan, kondisi banjir ini segera surut supaya warga bisa kembali beraktivitas normal seperti biasanya.

 

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru